Toko Organik Online Jakarta

Toko Organik Online JakartaBahan makanan organik saat ini memang sudah menjadi salah satu pilihan untuk ibu rumah tangga sebagai salah satu cara untuk tetap menjaga kesehatan. Di samping selalu berolahraga, makan makanan dengan bahan yang sehat atau organik juga menjadi salah satu cara agar kesehatan tubuh tetap terjaga.ย 

Jika Anda sudah menentukan untuk mulai hidup dengan pola makan sehat dan dengan mengonsumsi makanan dengan bahan organik, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan

Toko Organik Online Jakarta

6 Tips Memilih Makanan Organik Yang Tepat

  • Mengetahui perbedaannya dengan makanan biasa

Hal yang penting dilakukan sebelum memilih makanan atau bahan organik adalah dengan mengetahui terlebih dahulu perbedaan makanan organik dengan yang non-organik. Makanan organik merupakan makanan yang diproses dan diproduksi secara konvensional atau tradisional.

Contohnya, sumber makanan organik seperti sayuran, makanan nabati, biji-bijian dan buah-buahan yang dalam proses penanamannya sama sekali tidak menggunakan pestisida atau zat kimia berbahaya. Zat kimia tersebut biasanya digunakan untuk mempercepat pertumbuhan dan menghasilkan tanaman yang lebih banyak, namun tetap saja penggunaannya bisa berdampak tidak baik untuk kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Selain bahan makanan, makanan organik juga tidak menggunakan campuran bahan pewarna, bahan pengawet atau MSG untuk memperenak rasa. Makanan organik juga diklaim memiliki keunggulan ramah lingkungan.

Menurut USDA atau United States Department of Agriculture makanan organik terbagi menjadi 3 jenis, diantaranya adalah makanan dengan label 100% organik (makanan yang benar-benar diolah secara organik), makanan dengan label 95% organik dan makanan dengan label organik 70%. Apabila Anda menemukan makanan organik dengan label kurang dari 70% maka makanan tersebut sudah tidak bisa dibilang sebagai makanan organik yang sudah dikategorikan.

Oleh karena itu sebelum Anda membeli bahan atau makanan organik di toko online organik, ada baiknya untuk memperhatikan label dengan keterangan tingkat bahan organik yang digunakan. Dengan begitu Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan yang memang organik dan yang bukan organik.

  • Mengetahui tanggal kadaluwarsa atau masa waktu makanan

Meskipun makanan tersebut organik, bukan berarti memiliki masa kadaluwarsa atau masa waktu yang lama. Terkadang makanan organik hanya bertahan selama 2-3 hari saja. Hal ini karena makanan organik tidak memiliki zat pengawet yang mampu membuat makanan bertahan lebih lama.

Meskipun terdapat campuran bahan pengawet, bahan dasar yang digunakan merupakan bahan makanan organik dimana juga tidak memiliki waktu yang tidak tahan lama. Ada baiknya jika Anda mengetahui waktu berapa lama makanan tersebut bisa dikonsumsi atau bertanya secara langsung pada penjualnya. Dengan mengetahui waktu tahan lama atau tidaknya makanan tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan tersebut dengan tenang.

  • Membuat daftar atau catatan belanja

Hal ini penting untuk Anda yang berniat pergi berbelanja makanan online secara langsung melalui toko organik online Jakarta murah atau event khusus makanan organik. Membuat daftar belanja bahan atau makanan organik apa saja yang ingin Anda beli berguna untuk menghindari Anda yang membeli makanan organik secara berlebihan atau tidak terkontrol. Dimana hal ini akan juga berpengaruh pada pengeluaran Anda.

Terlebih lagi, bahan atau makanan organik ditoko atau sebuah event biasanya menjual banyak sekali makanan organik seperti roti vegan, keripik sayur hingga minuman sehat seperti jus dan jamu.

Membuat daftar belanja juga penting untuk membantu Anda membeli kebutuhan bahan atau makanan organik yang memang dibutuhkan. Akan tetapi membuat daftar belanja juga bukan berarti mengurangi atau membatasi Anda dalam mengonsumsi makanan organik. Usahakan membeli bahan atau makanan yang memang dibutuhkan untuk dikonsumsi, misalnya susu tanpa pengawet dengan berbagai macam sayuran organik. Dengan begitu, meskipun bahan dan makanan organik yang dibeli terbatas, tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh Anda.

  • Memperhatikan kandungan gizi

Meskipun makanan atau bahan organik memang sudah dipastikan memiliki kandungan gizi yang baik dan juga sehat untuk tubuh, Anda harus tetap memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Hal ini berguna untuk menjaga asupan gizi dan vitamin agar tetap seimbang dan dibutuhkan oleh tubuh.

Mengonsumsi buah-buahan atau sayuran organik juga harus selalu dipilah agar vitamin dan juga gizi yang diterima tubuh tetap seimbang. Konsumsi makanan organik yang berlebihan tanpa mengetahui kebutuhan nutrisi tubuh juga tetap tidak baik. Dengan mencermati kebutuhan nutrisi dengan baik, maka tubuh juga akan lebih sehat dan baik dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

  • Membersihkan bahan makanan

Meskipun bahan makanan tersebut memiliki label organik, bahan tersebut tetap bisa terkontaminasi kotoran dari luar. Oleh karena itu, jika Anda selesai membeli bahan makanan organik ada baiknya Anda tetap mencucinya dengan sabun hingga bersih sebelum diolah menjadi makanan.

Hal ini untuk menghindari bahan makanan yang terkontaminasi kotoran seperti daun kering atau kotoran lainnya yang menempel pada kulit atau bagian luar bahan makanan organik. Dengan begitu, Anda bisa tetap tenang dan sehat saat mengonsumsi makanan hasil olahan bahan organik tersebut.

  • Menyimpan makanan dengan benar

Makanan atau bahan organik umumnya memiliki masa atau waktu yang sedikit untuk bertahan, sehingga tidak terlalu tahan lama seperti makanan atau bahan makanan lain yang menggunakan pengawet. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara menyimpan makanan atau bahan makanan dengan baik dan tepat.

Setiap bahan makanan organik memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda. Misalnya buah-buahan yang sudah matang akan bertahan selama satu sampai dua hari disuhu ruangan, jika ingin dikonsumsi lebih dari itu, ada baiknya disimpan dalam lemari es yang terpisah dengan bahan organik lainnya.

Contoh yang lain adalah bahan makanan sayuran yang lebih baik disimpan dalam keadaan kering. Hal ini karena sayuran yang basah dan langsung disimpan dalam lemari pendingin akan lebih cepat membusuk. Jika Anda tidak secara langsung mengolah sayuran tersebut ada baiknya jangan dicuci dan segera masukkan ke dalam lemari pendingin. Anda bisa mencuci sayuran organik tersebut saat akan diolah menjadi makanan.

Demikian tips memilih dan mengolah bahan atau makanan organik. Saat ini juga sudah banyak ditemukan toko organik online Jakarta terbaik yang menjual bahan atau makanan organik dengan kualitas yang baik dan juga tetap sehat untuk tubuh.

Toko Organik Online Jakarta Berkualitas dan Halal

Buat Anda yang butuh makanan atau bahan organik, Anda bisa langsung beli di toko AV Organic. Kami menyediakan berbagai macam makanan dan bahan organik termasuk bakso, kimchi, kacang, madu, dan sebagainya.

Untuk tahu info lebih lanjut, Anda bisa langsung cek di situs kami. Bisa juga tinggal hubungi di nomer WA yang sudah disediakan atau langsung lewat email. Toko organik online Jakarta kami juga memiliki layanan pesan online dan delivery order di berbagai area seperti Jadetabek.

 

Leave a Comment

× WhatsApp