Susu Kambing Segar Untuk Ibu Hamil

Susu Kambing Segar Untuk Ibu Hamil – Saat ini banyak produk susu bubuk konvensional yang dikemas untuk ibu hamil. Dalam kemasannya pun diberikan informasi terkait kandungan gizi dan manfaat yang akan diperoleh saat mengonsumsinya. Tapi, tahukah Anda ternyata mengonsumsi susu segar juga tidak kalah khasiatnya dengan susu bubuk.

Salah satunya, susu kambing segar dianggap lebih sehat karena diperah langsung dan tidak ditambahkan bahan pengawet untuk mengolahnya. Sehingga, aman bagi Anda yang ingin menjaga dan memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Agar tidak lagi dipusingkan memilih susu bubuk atau susu kambing segar. Simak penjelasannya sebagai berikut!

Susu Kambing Segar Untuk Ibu Hamil

Cara Tepat Pengolahan Susu Kambing Segar untuk Ibu Hamil

Susu kambing segar memiliki beragam nutrisi seperti antioksidan, kalsium dan asam lemak yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Konsumsi susu kambing segar sebagai menu tambahan secara cukup, dapat memenuhi kebutuhan nutrisi.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami pengolahan yang tepat agar terhindar dari kontaminasi. Juga diperoleh manfaat secara utuh bagi ibu dan janin. Sebenarnya, penyajian susu kambing segar dapat langsung dikemas.  Kemudian, dibekukan sehingga nutrisi kambing terjaga 100%.

Namun, bagi Anda yang ingin melakukan pasteurisasi atau pemanasan susu kambing dapat dilakukan selama 10 menit dengan suhu 70℃. Jangan memanaskan susu kambing segar sampai mendidih karena dapat merusak kandungan kasein dalam susu. Tujuan pemanasan hanya untuk membunuh bakteri perusak agar susu dapat disimpan selama 5-7 hari dalam lemari pendingin.

Aduk susu kambing secara perlahan agar tidak pecah dan tidak terjadi penggumpalan. Bagi Anda yang tidak suka dengan susu murni putih, bisa ditambahkan bahan alami yang menyehatkan. Dapat ditambahkan kayu manis, jahe, madu ataupun gula merah. Melalui pengolahan yang tepat, diperoleh manfaat susu kambing segar untuk ibu hamil sebagai berikut:

  • Kesehatan Tulang Terjaga

Susu kambing segar memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil dan membantu proses pembentukan tulang pada janin.

  • Membantu Melancarkan ASI

Meskipun janin masih di dalam kandungan. Ibu hamil perlu memicu produksi ASInya dengan mengonsumsi susu kambing segar secara rutin. Sehingga, persalinan aman, persediaan ASI lancar tanpa hambatan.

  • Meningkatnya Imunitas Tubuh

Sifat susu kambing segar yang mudah dicerna, membuat tubuh lebih mudah menyerap nutrisinya pula.  Sehingga, ibu hamil dapat meningkatkan kekebalan tubuhnya dengan mengonsumsi susu kambing segar secara rutin. Ketika sistem imun dalam kondisi baik, maka ibu hamil beserta janinnya tidak mudah terserang penyakit.

  • Menjaga Sistem Pencernaan

Meskipun dalam kondisi mengandung, ibu hamil tetap berpotensi mengalami gangguan sistem pencernaan. Ketika pencernaan terganggu, maka berakibat pada pendistribusian nutrisi yang tidak maksimal. Sehingga, dengan mengonsumsi susu kambing segar, ibu hamil dapat terhindar dari masalah pencernaan.

  • Mencegah Terjadinya Alergi

Jika susu sapi memiliki kandungan lebih dari 20% A1 kasein yang rentan memunculkan alergi. Maka, ibu hamil dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi susu kambing segar. Sebab kandungan kasein dalam susu kambing hanya sebesar A2. Hal ini menjadikan susu kambing lebih ramah bagi ibu hamil dan minim menimbulkan alergi.

  • Rendahnya Kadar Kolestrol

Meskipun susu segar dianggap memiliki kadar lemak yang tinggi. Namun, susu kambing justru memiliki kadar kolestrol yang rendah. Selain itu, susu kambing dapat dijadikan alternatif pengobatan penderita gangguan usus dan penyakit jantung.

  • Menyehatkan Kulit

Kandungan trigliserida dan asam lemak dalam susu kambing segar, tidak hanya memperbaiki kinerja organ tubuh. Tetapi, efektif membantu mencerahkan kulit ibu hamil. Keberadaan vitamin A menjadikan kulit lebih lembut, mengurangi jerawat dan menyehatkan kulit.

Selain itu, kandungan asam laktat membantu proses pelembapan kulit dan menghilangkan sel kulit mati. Oleh karena itu, khasiat susu kambing segar untuk ibu hamil menjadi pilihan tepat agar menjaga penampilan tetap menarik.

Bonus Kandungan Gizi untuk Bumil dan Janin

Setelah mengetahui cara tepat pengolahan susu kambing agar dapat memaksimalkan manfaatnya. Kini, ada bonus kandungan gizi yang pasti diperoleh ibu hamil dan janin untuk menjaga kesehatannya. Berikut kandungan gizi susu kambing yang perlu ibu hamil pahami, agar tidak salah memberikan terbaik selama masa mengandung:

  • Asam Lemak Esensial

Lemak tidak berarti buruk untuk kesehatan. Justru lemak menjadi sumber kalori sebagai energi utama yang terdapat dalam susu kambing. Asam lemak esensial terdiri dari kandungan linoleat dan arakidonat yang membuatnya tidak dapat disimpan lama dalam tubuh. Sehingga, keberadaan asam lemak esensial tidak berbahaya bagi ibu hamil.

Selain itu, susu kambing segar juga terdiri dari asam kaprilat dan kaprat yang berfungsi menghancurkan bakteri jahat atau antimikroba. Sebaiknya, ibu hamil mengonsumsi susu kambing segar untuk menjaga kesehatan sistem pencernaannya.

  • Tinggi Kalsium

Kandungan susu kambing segar memiliki kalsium dan mineral yang tinggi. Jika ibu hamil mengonsumsi susu kambing segar setiap harinya, maka sebesar 33% kebutuhan mineral tubuh dapat terpenuhi. Dibandingkan 28% mineral yang terdapat pada susu sapi.

  • Kandungan Protein

Kandungan protein lengkap dalam susu sapi kerap kali menjadi penyebab munculnya alergi bagi yang mengonsumsinya. Sedangkan, susu kambing tidak mengandung protein kompleks sehingga mampu disesuaikan dengan kondisi tubuh ibu hamil.

Maka, Anda tidak perlu khawatir akan gizi susu kambing segar untuk ibu hamil. Kandungan protein dalam susu kambing memiliki resiko yang lebih rendah memunculkan alergi kemerahan.

  • Kandungan Vitamin C

Susu kambing memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Jika susu lainnya justru menekan kekebalan tubuh, maka susu kambing berperan aktif meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini tentunya bermanfaat untuk ibu hamil yang harus dalam kondisi sehat. sehat

Peran antioksidan yang terdapat pada mineral selenium, menjadi nutrisi terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C juga memiliki fungsi melawan radikal bebas. Maka, memberikan susu kambing  tepat untuk kebutuhan nutrisi juga menjaga kesehatan kulit.

  • Kandungan Vitamin A

Manfaat vitamin A pada susu kambing berkhasiat untuk mencegah kanker, menjaga kesehatan mata, dan mencegah penyakit jantung pada janin. Selain itu, konsumsi susu kambing bagi orang dewasa juga bermanfaat untuk mengurangi stretch mark dan mengurangi potensi terkena sakit stroke. 

Betakaroten pada vitamin A, tidak hanya membantu proses peremajaan kulit. Melainkan pula, mencegah terjadinya kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Vitamin A berusaha melawan garis kerutan pada kulit dengan memproduksi kolagen lebih banyak.

Fungsi kolagen itu sendiri bertanggung jawab untuk menjaga kulit tampak muda dan tetap kenyal.  Selain vitamin A, ternyata susu kambing juga mengandung pyridoxine atau lebih dikenal sebagai vitamin B6. Berfungsi untuk menutrisi sistem saraf janin, pembentukan darah dan perawatan kulitnya.

Konsumsi susu kambing segar untuk ibu hamil dapat menjamin ketersediaan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin. Tunggu apa lagi! Beralih dari produk susu bubuk konvensional dan konsumsi susu kambing segar yang tanpa bahan pengawet lebih terjamin kesehatannya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AV Organic (@avorganic)

5/5 - (4 votes)

Leave a Comment

× WhatsApp