Manfaat Susu Kambing Segar

Manfaat Susu Kambing Segar – Selama ini kita banyak disuguhi oleh berbagai macam varian susu sapi. Mulai dari susu sapi segar, susu sapi olahan, susu sapi kemasan, hingga susu sapi dengan banyak varian rasa. Tetapi, pernahkah Anda mencoba untuk mengonsumsi susu kambing?

Manfaat Susu Kambing Segar

Menurut beberapa orang, susu kambing memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan susu sapi. Selain itu, susu kambing juga memiliki tekstur yang lebih lembut dan warna yang lebih putih dibandingkan dengan susu sapi.

Lalu bagaimana dengan kandungan gizinya? Susu kambing dan susu sapi memiliki kandungan gizi yang serupa, hanya saja pada beberapa aspek, susu kambing memiliki beberapa perbedaan kandungan dengan susu sapi, di antaranya adalah kadar protein kasein yang lebih rendah yang menyebabkan susu kambing cocok untuk Anda yang memiliki alergi susu. Di samping itu, masih ada beberapa manfaat susu kambing segar yang tidak kalah dengan susu sapi, apa saja sih?

Manfaat Susu Kambing Segar, Khususnya Jenis Susu Kambing Etawa

  • Mengatasi infeksi bakteri

Menurut penelitian, susu kambing etawa mengandung zat antibakteri yang berfungsi untuk mengatasi infeksi bakteri Escherichia coli (E. coli). Bakteri E. coli merupakan bakteri yang menyebabkan beberapa penyakit seperti pneumonia dan infeksi saluran kemih (ISK).

Hasil penelitian dari FK Universitas Kristen Indonesia tahun 2018 menunjukkan apabila konsentrasi susu sebanyak 60-80 persen, maka dapat menghambat pertumbuhan bakteri resistan.

Di sisi lain, jika konsentrasi susu sebanyak 100 persen maka dapat menghambat bakteri sedang. Berdasarkan penelitian tersebut, menunjukkan manfaat susu kambing segar untuk tubuh juga berpengaruh pada pengobatan diare. Hal itu disebabkan bakteri laktoferin dapat menghambat pertumbuhan bakteri E. coli yang menyebabkan diare.

  • Membantu penyerapan nutrisi

Penelitian menunjukkan bahwa mineral yang ada pada susu kambing lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan mineral yang ada pada susu sapi. Baik susu sapi maupun susu kambing kaya akan kandungan mineral seperti magnesium, kalsium, fosfor, dan zat besi. Penyerapan mineral yang lebih mudah itu tentu sangat berguna bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan mineral harian.

Mineral yang diserap lebih mudah akan menghasilkan energi yang lebih cepat pula untuk melakukan aktivitas. Sebagai contoh, jika Anda memiliki anemia, maka hal itu dapat diatasi dengan cepat karena tubuh menyerap zat besi lebih mudah.

  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Susu etawa punya kandungan karbohidrat yang termasuk ke dalam jenis oligosakarida. Kandungan ini lebih tinggi dibanding yang ada pada susu sapi. Oligosakarida ini mengandung pro biotik atau bakteri baik yang tentu saja memiliki sifat antibakteri. Jika Anda rutin mengonsumsi susu kambing etawa, maka Anda membantu perkembangan bakteri baik yang memiliki manfaat bagus untuk kesehatan dan fungsi sistem pencernaan. Dari situ, Anda akan merasakan manfaat susu kambing segar yang baik.

  • Meningkatkan kekuatan otot

Protein yang terkandung dalam susu kambing etawa berpengaruh pada kekuatan otot. Ketika Anda rutin mengonsumsi susu kambing etawa, atau melakukan diet protein tinggi, maka kekuatan otot Anda akan bertambah. Hal itu berpengaruh pada kualitas aktivitas sehari-hari Anda seperti berolahraga, yang membuat Anda menjadi lebih kuat. Tenang saja, protein dalam susu kambing etawa tidak menyebabkan Anda menjadi alergi susu.

  • Meningkatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh

Fosfor yang terkandung pada susu kambing etawa membantu hemoglobin dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Berdasarkan hal tersebut, kandungan fosfor dapar memperlancar peredaran darah Anda.

  • Menjaga kesehatan mata

Kemampuan susu kambing untuk mengubah beta karotin menjadi vitamin A dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan mata jika Anda rutin mengonsumsi susu kambing. Penelitian dari NIH menunjukkan bahwa asupan beta karotin sebanyak 25 persen per harinya terbukti mampu menurunkan risiko penyakit degradasi makula pada mata.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain untuk memelihara kesehatan mata, kandungan vitamin A dalam susu kambing juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Mencegah kanker

Kandungan B2 pada susu kambing efektivitasnya masih perlu penelitian lebih lanjut dalam fungsinya untuk mencegah kanker. Akan tetapi, berdasarkan penelitian, vitamin B2 terbukti berkontribusi menurunkan risiko beberapa penyakit kanker pada manusia. Menjaga kesehatan tulang

Susu kambing etawa juga mengandung kalsium sama halnya dengan susu sapi. Menurut penelitian, manfaat susu kambing segar untuk kesehatan tulang didukung adanya kandungan kalsium dan fosfor yang dapat mencegah tulah keropos. Selain itu, kandungan kalsiumnya juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi, serta pembentukan tulang agar menjaga tulang tetap kuat.

  • Merawat sistem saraf

Susu kambing baik untuk fungsi sistem saraf dan perkembangan saraf otak karena mengandung vitamin B6 atau yang dikenal juga sebagai pyridoxine. Selain baik untuk asupan nutrisi saraf otak, vitamin B6 juga membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin dan antibodi yang berfungsi untuk menangkal bakteri dan virus. Di samping itu, kandungan kalsium pada susu kambing berperan penting dalam menjaga agar sistem saraf menjalankan fungsinya dengan baik.

  • Merawat fungsi jantung

Selain untuk kesehatan mata, vitamin A juga berperan sebagai antioksidan untuk tubuh. Antioksidan sendiri berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari efek buruk radikal bebas yang memicu beberapa penyakit, salah satunya yaitu penyakit jantung. Oleh karena itu, konsumsi susu kambing etawa segar dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin A harian.

Berdasarkan beberapa manfaat di atas, susu kambing terbukti membawa banyak manfaat baik bagi tubuh Anda. Kandungan yang tidak jauh berbeda dengan susu sapi membuat susu kambing etawa layak dijadikan pertimbangan untuk pemberian nutrisi harian tubuh. Tetapi, apakah susu kambing boleh untuk dikonsumsi ibu hamil?

Susu Kambing, Boleh atau Tidak Dikonsumsi oleh Ibu Hamil?

Jawabannya adalah boleh, dengan syarat bahwa susu kambing tersebut dikonsumsi dengan jumlah yang cukup dan tidak membahayakan. Susu kambing dapat digunakan oleh ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, tetapi Anda harus memastikan bahwa susu kambing tersebut telah diolah dengan baik sehingga bisa aman untuk dikonsumsi.

Susu kambing yang dikonsumsi sesuai kebutuhan juga memberikan banyak manfaat untuk ibu yang sedang hamil muda beserta janinnya. Nutrisi yang banyak terkandung di dalamnya dapat menjaga kesehatan tulang (kadar kalsium tinggi), melancarkan ASI, meningkatkan imunitas tubuh, melancarkan pencernaan, memiliki risiko alergi rendah, mengurangi kadar kolesterol, serta mencerahkan kulit.

Di samping manfaat susu kambing segar, ibu hamil harus mempertimbangkan jumlah konsumsi susu kambing per harinya. Tujuannya agar kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dengan kebutuhan lainnya bisa tetap disesuaikan dan terpenuhi dengan baik. Dengan begitu baik sang ibu maupun janin bisa tetap sehat karena kebutuhan nutrisi dan gizinya yang mencukupi.

Anda bisa membeli susu sehat dan segar bebas dari pengawet atau bahan kimia di AV Organic. Kami adalah usaha rintisan yang menawarkan berbagai produk organik alami termasuk susu. Hubungi kami di +628537-8444-327 (08.00 – 17.00 WIB) email ke info@avorganic.id.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AV Organic (@avorganic)

Leave a Comment

× WhatsApp