Makanan Organik dan Vegetarian

Makanan Organik dan VegetarianSemakin bertambahnya usia, tubuh kita tidak bisa menerima segala jenis makanan dengan mudah. Kondisi ini mendorong beberapa orang untuk mengubah pola makan bahkan tidak sedikit yang memutuskan menjadi vegetarian. 

Vegetarian memang identik dengan pola makan yang sehat, karena konsumsi daging benar-benar dihilangkan. Mereka mengganti nutrisi daging dengan konsumsi sereal dan jenis makanan lainnya. Meskipun konsumsi daging dihilangkan, tubuh justru terasa lebih ringan dan segar. 

Makanan Organik dan Vegetarian

Jenis – jenis Makanan Organik dan Vegetarian

Tak kenal maka tak sayang, sebelum bertindak gegabah dan mengikrarkan diri sebagai vegetarian atau kelompok vegan. Cari tahu terlebih dahulu apa saja klasifikasi makanan yang boleh dikonsumsi vegetarian di bawah ini:

  • Kacang-kacangan

Bagi seorang vegetarian, mengonsumsi kacang-kacangan merupakan aktivitas wajib. Jenis kacang yang dikonsumsi pun sangat beragam mulai dari kacang tanah, kacang almond, kacang merah atau kacang hijau. 

Anda hanya perlu menyesuaikan diri dengan jenis kacang-kacangan yang disukai untuk dikonsumsi sehari-hari. Kandungan nutrisi pada kacang sangat beragam bahkan beberapa kacang kaya akan lemak omega-3.

  • Sayur dan Buah

Menjadi vegetarian memberikan banyak perubahan terutama dari segi kesehatan tapi jauh lebih baik lagi bila Anda memilih makanan organik sebagai bahan makanan utama. Di berbagai toko online organik dijual banyak sayur dan buah organik berkualitas. 

 

Kedua jenis bahan makanan tersebut tidak bisa dipisahkan dari dapur vegetarian. Baik buah dan sayuran biasa diolah menjadi makanan utama, makanan pendamping bahkan camilan. Karena buah dan sayur yang dibeli adalah organik, Anda bisa menyantapnya selagi masih mentah. Cukup cuci buah dan sayur untuk menghilangkan sisa kotoran dan bakteri. 

  • Produk Susu

Ada beberapa jenis vegetarian, mulai dari vegan, lacto vegetarian hingga the pollotarian. Dari semua jenis vegetarian, umumnya tidak mengonsumsi daging hingga produk olahannya termasuk susu.

Tapi untuk asupan gizi lengkap, tidak ada salahnya menambahkan produk susu dalam menu sarapan atau makan siang. Jika ingin lebih sehat, Anda bisa membuat produk susu dari makanan organik. Meskipun rasanya tidak segurih susu sapi asli, setidaknya nutrisi yang dibutuhkan tubuh tetap terpenuhi.

  • Biji-Bijian

Selain rutin mengolah dan mengonsumsi kacang-kacangan, para vegetarian juga hobi makan biji-bijian organik. Biji organik seperti oats, gandum dan beras hitam dinilai jauh lebih menyehatkan daripada biji non organik. Biji-bijian menjadi sumber energi utama bagi vegetarian. Tidak heran jika di menu sarapan, makan siang atau makan malam kita akan melihat olahan biji-bijian di meja makan vegetarian.

  • Telur dan Madu

Ovo vegetarian sangat identik dengan konsumsi telur. Mereka mungkin menghindari konsumsi daging dan produk susu tapi telur dan olahannya tetap dihidangkan di atas meja makan. Telur mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh.

Sementara mengonsumsi madu organik akan membantu menjaga daya tahan tubuh dan menghindari diri dari berbagai penyakit. Konsumsi madu organik bersama air hangat dan perasan jeruk lemon. Dapatkan madu organik terbaik hanya di tempat jual makanan organik.

Manfaat Makan Makanan Organik

Bertambahnya jumlah vegetarian di Indonesia secara tidak langsung mempengaruhi market makanan organik dalam negeri. Terbukti, makin banyak orang yang tertarik mengonsumsi dan mengolah makanan organik sebagai menu harian. Lantas, apa saja manfaat makanan organik?

  • Menghindari penimbunan racun metal pada tubuh

Meskipun kaya akan gizi, tanaman yang ditanam di tanah ternyata mengandung racun metal. Kondisi tersebut terjadi akibat penggunaan pupuk yang rutin dan berkelanjutan. Untuk menghindari racun metal, baiknya Anda konsumsi makanan organik.

Makanan organik diproses tanpa menggunakan pupuk kimia sehingga kadar racun metalnya jauh lebih rendah. Makanan organik bisa dikonsumsi dalam jangka waktu panjang dan tidak menyebabkan efek samping kesehatan.

  • Kadar Bakteri Lebih Minim

Selain rendah racun metal, makanan organik juga rendah bakteri. Kebalikan dari makanan non organik yang cenderung mengandung banyak bakteri jahat. Kadar bakteri pada makanan biasanya dipengaruhi oleh proses penanaman dan penjualan. Bila keduanya tidak dilakukan dengan baik dan benar, kadar bakteri akan semakin tinggi.

  • Bebas Residu Pestisida

Sayur dan buah-buahan merupakan makanan pokok dari berbagai hewan seperti ulat, berbagai jenis serangga bahkan kelelawar. Untuk mencegah kerusakan pada sayuran dan buah-buahan, para petani menggunakan pestisida.

Sayangnya, kandungan zat kimia pada pestisida tidak baik untuk tubuh kita. Meski sayur dan buah sudah dicuci, kadar pestisida masih tetap ada dan menempel pada kulit. Kondisi mengkhawatirkan tersebut tidak akan Anda alami ketika memilih konsumsi makanan organik.

Baik sayuran maupun buah-buahan organik diperoleh secara alami, tidak dirawat dengan menggunakan pestisida. Petani mencegah kerusakan akibat hama dengan memasang jaring pada tanaman. Buah dan sayur dibiarkan matang secara alami tidak diberi tambahan vitamin kimia untuk mempercepat proses pematangan.

  • Memperoleh omega-3 lebih banyak

Membeli produk dari toko jual produk organik banyak manfaatnya terutama bagi kesehatan dan kecantikan. Ini karena kadar omega-3 pada makanan organik jauh lebih tinggi tidak hilang akibat penggunaan bahan kimia. 

Manfaat Menjadi Vegetarian

  • Tubuh Sehat

Seorang vegetarian sangat identik dengan konsumsi buah dan sayuran, Anda tidak akan menemukan daging merah atau daging putih di dalam lemari es mereka. Kondisi ini nyatanya berdampak positif terhadap kesehatan badan, terlebih jika sayur dan buah yang dikonsumsi tinggi akan antioksidan dan serat.

  • Menurunkan Berat Badan

Ada banyak cara menurunkan berat badan termasuk menjadi vegetarian. Dengan menjadi vegetarian, Anda akan menghilangkan konsumsi daging dan olahan daging dengan kandungan lemak tinggi. Dan lebih sering mengonsumsi makanan berserat. Pilih berbagai jenis makanan vegetarian yang mengenyangkan untuk menghindari berat badan bertambah.

  • Menjauhi Kanker

Selain baik untuk berat badan, menjadi vegetarian juga menghindarkan Anda dari risiko penyakit kanker. Solusi ini patut dicoba jika secara kebetulan Anda memiliki anggota keluarga yang pernah mengidap kanker.

Makanan vegetarian membantu Anda menerima lebih banyak antioksidan, serat, mineral dan nutrisi baik lainnya. Semua nutrisi tersebut akan menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit bahkan terkena kanker.

Jual Makanan Organik Serta Vegetarian

Butuh niat yang kuat untuk mengukuhkan diri sebagai vegetarian. Setelah yakin dengan keputusan Anda, cobalah untuk berkomitmen. Agar hasilnya lebih positif, pilih sumber makanan vegetarian dari toko organik. Makanan organik diyakini sebagai sumber makanan sehat terbaik yang banyak direkomendasikan.

Jika Anda ingin beli berbagai macam produk makanan organik dan vegetarian, maka silahkan mampir ke situs AV Organic. Kami adalah usaha rintisan yang jual berbagai macam produk makanan yang halal, alami dan organik bebas bahan kimia berbahaya seperti pestisida. Anda bisa pesan secara online dan akan kami kirimkan produknya langsung ke tempat Anda. Kami jamin produk kami berkualitas dengan harga terjangkau.

 

Leave a Comment

× WhatsApp