Jual Susu Kefir Jakarta

Jual Susu Kefir Jakarta – Mungkin beberapa orang masih ada yang belum mengetahui mengenai susu kefir. Kefir ini merupakan susu kulturisasi dari Rusia. Kefir ini akan bisa dibuat dari memfermentasikan susu murni. Bisa menggunakan susu kambing, susu sapi atau susu domba. Selain itu juga bisa menggunakan ragi atau bakteri.

Jual Susu Kefir Jakarta

Susu ini memiliki rasa yang cukup unik dimana memiliki tekstur yang lembut hampir sama seperti yogurt. Hanya saja tetap memiliki perbedaan.

Susu kefir ini bisa dibuat dengan mudah sendiri di rumah. Akan tetapi pada awalnya, Anda harus membeli bibit kefir terlebih dulu. Bibit kefir tersebut adalah gumpalan kecil dari ragi dan bakteri.

Kemudian gumpalan tersebut akan di campurkan dengan lemak, protein, dan juga gula. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat bibit kefir agar bisa digunakan menjadi susu kefir.

Cara Merawat Bibit Kefir Dengan Jual Susu Kefir Jakarta 

  1. Cara yang pertama sudah pasti adalah dengan membeli bibit kefir terlebih dulu. Selain membelinya, Anda juga bisa meminta kelebihan bibit kefir pada orang yang jual susu kefir Jakarta murah. Hal ini karena biasanya bibit kefir akan berlebih karena bakteri dan juga raginya akan selalu berkembang. Anda juga bisa membeli bibit kefir pada toko makanan atau toko khusus yang biasanya menjual bahan-bahan kultur.
  2. Letakkan di dalam tempat kaca atau plastik. Jika Anda mau, Anda bisa mencuci lemak padat yang mungkin menempel pada bibit tersebut. Akan tetapi jangan menggunakan air berklorin atau air PAM.

Hal ini karena klorin bisa membunuh bakteri pada bibit kefir tersebut. Jadi gunakan juga tempat atau wadah yang benar-benar bersih. Hindari juga untuk menggunakan wadah dari bahan logam. Hal ini karena bisa mempengaruhi kesehatan mikroorganisme. Jadi lebih baik menggunakan peralatan dari bahan plastik saja.

  1. Selanjutnya stoples yang sudah berisi bibit kefir tersebut bisa Anda isi dengan susu. Untuk jumlah atau perbandingannya tidak terlalu dipentingkan atau terserah. Biasanya satu bibit kefir akan digunakan untuk 20 bagian susu. Susu tersebut bisa memberikan atau menghasilkan makanan untuk bakteri dan ragi. Sehingga bibit kefir juga bisa aktif dan sehat. Kemudian bisa meletakkannya pada suhu ruangan sekitar 12 sampai 24 jam. Jangan menutup stoples tersebut terlalu rapat juga.
  2. Setelah dibiarkan selama 12 atau 24 jam, maka selanjutnya adalah ambil bibit kefir tersebut menggunakan sendok plastik. Biasanya bibit tersebut akan mengambang di bagian permukaan susu. Kemudian letakkan bibit tersebut pada wadah lain yang masih bersih. Susu tersebut kemudian sudah berubah menjadi kefir dan sudah bisa dikonsumsi. Anda juga bisa menyimpannya di dalam lemari es.

Sebenarnya cara yang mudah untuk merawat bibit kefir adalah dengan menggunakan bibit tersebut dengan teratur. Jika menuangkan susu kembali pada kefir, kemudian bisa membuat kefir yang baru selama 24 jam. Kemudian Anda bisa mengambil bibitnya kembali dan hal tersebut bisa diulangi kembali.

Untuk menjaga mikroorganisme tersebut, Anda bisa menuangkan susu ke dalam stoples yang sudah berisi kefir. Anda juga tidak harus menggunakan susu yang baru karena bisa menggunakan susu yang lama.

Hal ini bisa Anda lakukan setiap hari agar mikroorganisme bisa mendapatkan makanan. Namun jika tidak ingin repot merawat bibit kefir, Anda bisa membeli susu kefir yang sudah jadi saja. Banyak yang jual susu kefir Jakarta terjangkau yang bisa Anda temukan.

Konsumsi Susu Kefir Yang Lebih Sehat

Bahan utama yang digunakan dalam proses pembuatan kefir adalah susu dan bibit kefir. Bibir tersebut biasanya bisa didapatkan dengan cara dari proses pembuatan susu kefir yang sudah jadi sebelumnya atau juga bisa membelinya. Untuk itu bibit kefir memang sebaiknya bisa disimpan dengan benar agar bisa digunakan untuk banyak susu kefir.

Bibir kefir ini juga banyak disebut dengan kefir grains. Bibit ini adalah biomatriks dengan tekstur yang lembut dan memiliki warna putih. Selain itu juga mengandung berbagai macam kandungan gizi seperti lemak, polisakarida kompleks dan protein.

Kadar polisakarida tersebut bisa mencapai 45% dari jumlah bibit kefir yang sudah kering. Bibir kefir akan mengandung beberapa bakteri asam laktat dan juga ragi. Kandungan tersebutlah yang akan membantu dalam pembentukan rasa dan struktur kefir.

Pada awalnya, bibit kefir tersebut akan berukuran kecil seperti biji gandum, namun selanjutnya akan mulai membesar karena sering digunakan. Bahkan ukurannya bisa membesar seperti seukuran kenari. Kefir yang basah dengan banyak sejumlah 50 gram bisa menghasilkan kefir kembali sebanyak hampir 100 gram jika digunakan dalam waktu 7 sampai 10 hari. Hal ini juga jika digunakan atau dipindahkan dalam 500 ml susu segar sebanyak 6 kali dalam seminggu.

Bibit kefir tersebut memang mengandung mikroorganisme yang akan membantu pembentukan susu murni menjadi susu kefir. Mikroba tersebut akan memiliki peran dalam membentuk asam laktat, etanol, diasetil dan juga karbon dioksida.

Bibir kefir juga tidak bisa dikeringkan menggunakan pemanasan dikarenakan sebagian besar mikroorganismenya bisa mati. Mikroorganisme tersebut bisa masih aktif jika dilakukan pengawetan dengan cara pengeringan beku.

Selain itu, cara untuk tetap menyimpan bibit kefir tersebut adalah dengan mencampurnya menggunakan susu yang sudah dipasteurisasi dengan berkala. Kemudian disimpan dalam lemari es dengan suhu sekitar 4 sampai 7 derajat Celsius. Simpan selama kurang lebih 18 jam sebelum bisa dikonsumsi. Jika dilakukan maka kurang lebih bibit akan aktif dalam jangka waktu kurang lebih satu bulan. Ada banyak sekali yang jual susu kefir Jakarta online yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Untuk cara pembuatannya sendiri juga cukup mudah karena proses pembuatannya juga termasuk cukup sederhana. Anda bahkan bisa memasaknya atau membuatnya sendiri di rumah. Anda hanya perlu memanaskan susu pada suhu 85 derajat selama kurang lebih 30 menit.

Hal ini untuk membantu membunuh mikroba yang ada di dalamnya dan tidak diinginkan. Selain itu juga akan mendenaturasi protein agar mikroba bisa lebih mudah untuk melakukan proses fermentasi. Setelah itu, Anda bisa

Susu kefir ini sudah banyak digunakan sejak dulu karena berbagai macam kandungannya yang bagus untuk kesehatan tubuh. Berbagai macam kandungannya tersebut bisa membantu untuk menangkal banyak penyakit. Selain itu bahkan produk ini bisa memberikan perasaan yang menyenangkan setelah dikonsumsi.

Jadi susu ini akan cocok untuk menjaga kesehatan dan juga membantu untuk menyehatkan beberapa jenis penyakit. Susu ini juga aman jika ingin dikonsumsi dengan rutin. Jika Anda ingin mulai mengonsumsinya dengan rutin, maka bisa mencari agen yang jual susu kefir Jakarta dengan mudah. Biasanya pada toko online juga akan banyak ditemukan agen yang menjual susu tersebut.

Bahkan akan lebih gampang jika Anda membelinya langsung di AV Organic. Karena usaha ini menawarkan susu kefit murni yang sehat dan segar, bebas bahan kimia. Hubungi saja di +628537-8444-327 (08.00 – 17.00 WIB) atau email ke info@avorganic.id untuk infonya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AV Organic (@avorganic)

Leave a Comment

× WhatsApp