Jual Produk Organik

Jual Produk OrganikMakanan organik saat ini sudah mulai banyak dijumpai dimasyarakat. Hal ini juga karena permintaannya yang semakin tinggi membuat banyak sekali toko atau supermarket yang menjual produk-produk organiknya. Tingginya permintaan tersebut juga dilandasi dari semakin tingginya keinginan masyarakat untuk hidup sehat, salah satunya adalah dengan mencoba mengonsumsi makanan organik secara teratur. Lalu apa saja produk atau makanan organik yang bisa Anda jumpai? Berikut adalah beberapa macam makanan organik.

Jual Produk Organik

Jual Produk Organik Dengan Berbagai Macamnya

  • Buah

Buah-buahan menjadi salah satu makanan organik yang sering ditemukan. Banyak dari produk organik yang berasal dari buah, baik buah lokal ataupun impor. Contohnya adalah buah stroberi, peach dan juga apel yang termasuk dalam makanan organik yang baik untuk dikonsumsi. Indonesia sendiri juga mampu menghasilkan buah apel yang banyak, namun tidak semua buah apel yang dijual di pasaran termasuk dalam organik.

Buah apel non-organik biasanya selama proses pertumbuhannya bisa disemprot pestisida 16 hingga 30 kali. Jadi bisa dibayangkan bagaimana banyaknya zat kimia berbahaya yang terkandung dalam buah apel.

Kekurangan dari buah-buahan organik memang memiliki penampilan yang tidak terlalu menarik jika dibandingkan dengan buah non-organik. Contohnya, warna yang dimiliki buah organik tidak terlalu mencolok dan tidak cerah, ukurannya juga tidak terlalu besar. Hal ini karena buah-buahan tersebut tidak menggunakan zat kimia atau pestisida yang bisa membahayakan tubuh.

  • Susu 

Susu biasa yang sering Anda temukan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, terlebih lagi jika ternyata susu tersebut merupakan susu organik. Susu organik yang berasal dari sapi, dalam proses perkembangannya juga dijaga dengan ketat.

Agar bisa menghasilkan susu organik, maka sapi sebagai sumber susu juga merupakan sapi organik yang dalam hal ini tidak diberikan suntikan antibiotik dan juga makanan yang diberikan adalah pakan ternak yang alami dan organik.

Dengan begitu sapi bisa menghasilkan susu organik dengan kualitas yang baik juga. Selain tanpa menggunakan suntikan zat kimia dan makanan non-organik, sapi juga dijaga agar tetap sehat dengan selalu menjaga kebersihan kandangnya.

Kelebihan dari susu organik ini memiliki kandungan omega 3 yang 68% lebih banyak jika dibandingkan dengan susu biasa. Kandungan omega 3 yang tinggi ini berfungsi untuk mencegah pikun sejak dini dan membantu meningkatkan daya ingat.

  • Udang

Produk pertanian dan peternakan yang organik memang sudah tidak asing, namun sekarang produk organik juga ada yang berasal dari hasil perairan yaitu udang. Meskipun begitu cara budidaya udang organik tidaklah mudah. Pembudidaya perlu memastikan agar tempat budidaya atau tambak udang bebas dari polusi air.

Selain itu, makanan yang digunakan juga harus berbahan organik seperti pelet atau sayuran. Meskipun begitu, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba mengonsumsi udah organik atau bahkan mencoba untuk mulai membudidayakan udang organik sendiri.

  • Daging

Jika ada susu organik, maka juga ada daging organik. Daging ini bisa berupa daging sapi atau daging ayam. Sapi tersebut dikembangbiakkan secara organik sehingga bisa menghasilkan daging organik yang kaya akan manfaat.

Sapi tersebut terhindar dari suntik antibiotik yang berguna untuk ketahanan tubuh, terhindar dari suntik hormon yang biasa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan agar lebih gemuk serta makanannya pun juga diambil dari rumput yang alami dan juga organik. Hasilnya, sapi akan menghasilkan daging organik yang memiliki nutrisi lebih banyak jika dibandingkan dengan daging sapi pada umumnya.

  • Sayuran 

Sama halnya dengan buah-buahan, sayuran organik juga ditanam dan dikembangkan tanpa adanya campuran pestisida. Kekurangan dari tidak adanya pestisida dalam sayuran berarti juga menyebabkan banyaknya serangga dan juga ulat yang memakan sayuran tersebut.

Akan tetapi banyaknya hewan yang memakan sayuran tersebut juga menjadi sebuah pertanda bahwa sayuran memiliki banyak nutrisi dan bebas dari zat kimia berbahaya. Contoh sayuran organik yang bisa Anda temukan di toko organik Indonesia adalah seledri, bayam, paprika, buncis dan kentang.

  • Telur

Jika tadi ada susu organik yang berasal dari sapi organik, sama halnya dengan telur organik yang juga berasal dari ayam organik. Ayam peternak diberi makan dengan sayuran organik atau bahan makanan lain yang bebas dari pestisida atau buatan pabrik.

Selain itu ayam organik juga tidak disuntik hormon yang sering kali kita temukan di pasaran. Kelebihan dari telur organik ini adalah manfaatnya yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, jika dibandingkan dengan produk organik yang lainnya, telur bisa dibilang harganya yang relatif terjangkau.

Kategori Makanan Organik di Pasaran

Jika Anda sudah menentukan untuk membeli produk organik yang mana, hal selanjutnya adalah mengetahui label organik yang ada pada kemasan produk tersebut. Label organik berfungsi untuk mengetahui seberapa kandungan bahan organik pada suatu produk. Hal ini bisa membantu Anda saat berada di toko organik terbaik untuk menentukan makanan organik dengan kandungan bahan organik seperti apa yang Anda butuhkan.

Pelabelan tersebut juga harus dilakukan secara spesifik, legal dan memenuhi beberapa kriteria tertentu. Menurut USDA atau United States Food and Drug Administration dalam pelabelan makanan organik perlu ada standar yang ditentukan. Standar tersebut bisa ditentukan dari pengolahan bahan sampai pendistribusian makanan ke pasaran. Oleh karena itu terdapat 3 kategori atau level makanan organik:

  • 100% organik

Sesuai dengan labelnya, maka makanan atau produk dengan label 100% organik ini diproses secara alami tanpa adanya campuran bahan kimia atau pestisida sama sekali. Mulai dari proses penanamannya untuk produk pertanian hingga selama proses pertumbuhannya juga bebas dari pestisida. Produk dengan 100% organik ini mendapatkan segel khusus dari USDA. Makanan dengan label 100% organik ini bisa Anda temukan di toko produk organik online.

  • Organik

Selanjutnya makanan dengan label organik merupakan makanan dengan komposisi bahan yang digunakan sekitar 95% organik. Jadi sekitar 95% bahan yang digunakan untuk makanan tersebut merupakan bahan organik yang juga sudah terkualifikasi. Label makanan ini juga memiliki segel khusus dari USDA.

  • Terbuat dari bahan organik

Label makanan organik terakhir ada “terbuat dari bahan organik”. Makanan organik yang memiliki label ini memiliki kandungan 70% organik. Dalam hal ini berarti bahan makanan yang digunakan sekitar 70%-nya organik. Berbeda dengan label sebelumnya, makanan dengan label ini tidak memiliki segel khusus dari USDA, akan tetapi label tersebut tetap boleh dicantumkan dalam kemasan.

Buat Anda yang ingin mencari produk makanan organik yang terjangkau, maka bisa langsung pesan saja di AV Organic. Kami merupakan usaha rintisan yang khusus jual produk organik bermutu dan halal. Anda bisa menemukan banyak produk makanan mulai dari kimchi, bakso, madu, dll. Jika tertarik, silahkan hubungi CS kami di WA atau lewat email.

 

Leave a Comment

× WhatsApp