Jual Kimchi di Tangerang

Jual Kimchi di TangerangKuliner Korea mulai menunjukkan taringnya di industri kuliner Indonesia. Terbukti dari menjamurnya restoran ala Korea dan toko Korea online yang menjual bahan makanan mentah dan siap makan. Customernya pun bukan hanya di Jakarta yang menjadi pusat bisnis Indonesia, tapi meluas hingga ke Tangerang dan sekitarnya. Dari sekian banyak makanan Korea yang diperkenalkan di dalam negeri, ada satu yang sangat populer yakni kimchi. 

Tips Buat Kimchi Langsung Dari Chef Korea

Kimchi mungkin hidangan baru dan unik bagi masyarakat Indonesia karena diperkenalkan oleh negara lain. Tapi belakangan ini lidah orang Indonesia sudah cukup akrab dengan kimchi dan berbagai hidangan Korea lainnya. 

Jual Kimchi di Tangerang

Saking populernya kimchi, kita bisa menemukan resep kimchi enak di berbagai website  dengan mudah. Khusus untuk Anda yang baru belajar membuat kimchi, ikuti tips special mengolah kimchi dari Chef  Jeong Woo Heo berikut ini:

  • Asinkan sawi menggunakan garam

Langkah pertama yang disebutkan Chef Jeong Woo Heo saat membuat kimchi adalah mengasinkan sawi terlebih dahulu. Gunakan garam dapur untuk melumuri tiap lembaran sawi. Setelah itu tunggu selama 2-3 hari. Tujuannya agar cairan sawi keluar dengan optimal. 

  • Gunakan stainless steel saat mengasinkan kimchi

Membuat kimchi menggunakan wadah besi bisa menyebabkan korosi. Agar kualitas dan rasa kimchi tidak terpengaruh akibat wadah tersebut, usahakan pilih wadah yang anti karat seperti wadah stainless steel. Jika di rumah tidak punya wadah stainless steel, cukup gunakan wadah plastik.

  • Belah dan lumuri sawi dengan bumbu kimchi

Ketika membeli kimchi dari beberapa toko jual kimchi di Tangerang online, Anda mungkin menemukan kualitas dan rasa yang berbeda. Bukan hal yang mengherankan karena kimchi diolah oleh tangan yang berbeda dan menggunakan resep yang tidak sama.

Supaya kimchi Anda tidak kalah lezat dari kimchi yang dijual di toko ikuti tips chef Korea dengan membelah dan melumuri sawi yang telah digarami dengan bumbu kimchi.  Kimchi harus dibelah dua supaya lebih mudah untuk dibalur bumbu.

Bagian dalam sawi yang rapat harus mendapatkan bumbu lebih banyak agar rasa kimchi merata, tidak hanya menonjol di satu sisi saja. Proses fermentasi bumbu kimchi membuat kimchi terasa masam. Jika bumbu tidak di balur merata, tidak mustahil Anda menemukan bagian kimchi yang kurang masam.

  • Gulung sawi yang berlumuran bumbu untuk fermentasi

Saat melihat kimchi di etalase toko jual kimchi di Tangerang halal, Anda melihat kimchi dalam posisi tergulung. Posisi ini menandakan kimchi diolah dengan teknik yang tepat. Pasca dilumuri bumbu, lembaran sawi harus digulung merapat baru kemudian disimpan dalam wadah kedap udara untuk difermentasi. 

Cara meletakkan gulungan kimchi pun tidak bisa sembarangan. Kimchi yang sudah digulung harus ditempatkan menghadap ke atas. Bila dihadapkan ke bawah, alhasil bumbu kimchi akan menetes dari sela-sela sawi dan mempengaruhi rasa kimchi.

  • Fermentasi minimal 3 bulan

Pada dasarnya, kimchi yang telah dilumuri bumbu sudah bisa dikonsumsi saat itu saja. Hanya saja rasanya tidak semasam kimchi yang sudah difermentasi. Lamanya fermentasi kimchi paling baik minimal 3 bulan. Dalam kurun waktu tersebut, Anda sudah berhasil mendapatkan kimchi dengan rasa masam yang menyegarkan. 

Tips Simpan Kimchi Supaya Awet

Selain memahami bagaimana teknik pembuatan kimchi yang benar, Anda yang berminat belajar makan kimchi juga wajib mengetahui cara menyimpan kimchi yang baik:

  • Pilih toples kaca 

Di Korea, kimchi biasanya ditimbun di dalam tanah menggunakan pot atau kendi berukuran besar. Meski tidak sedikit yang memilih menyimpan kimchi di dalam lemari es. Di mana pun tempat menyimpan kimchi, pastikan gunakan wadah yang terbaik.

Dari sekian banyak wadah makanan, toples kaca disebut-sebut sebagai tempat terbaik menyimpan kimchi terutama kimchi yang dibeli dari toko online. Toples kaca dengan tutup rapat akan membantu menjaga kelezatan dan cita rasa kimchi. Tapi sebelum menggunakan toplesnya, biasakan merebusnya lebih dahulu agar steril.

  • Manfaatkan lemari es

Menyimpan toples kaca di lemari es mungkin bukan hal yang familier di Indonesia. Tapi di Korea, toples kaca menjadi salah satu wadah makanan yang paling dibutuhkan. Karena setelah menyimpan kimchi dalam toples, kimchi bisa langsung disimpan dalam kulkas selama 1-3 bulan. Makin lama kimchi difermentasikan di lemari es, maka makin asam dan segar rasanya karena proses fermentasi tetap berjalan setiap harinya.

  • Simpan di suhu ruang

Banyak toko jual kimchi di Tangerang enak yang menyarankan pelanggannya untuk menempatkan kimchi di suhu ruang. Saran ini sebenarnya tidak salah, karena zaman dahulu sebelum ditemukan lemari es. Orang Korea menyimpan kimchi di suhu ruang atau menimbunnya dalam tanah. 

Tapi bila dibandingkan dengan lemari es. Kimchi yang disimpan di suhu ruang hanya bertahan selama 5 hari. Maka sebelum kimchi Anda membusuk atau terasa tidak enak, lebih baik habiskan sebelum lewat 5 hari.

  • Pakai sumpit atau sendok

Budaya makan orang Asia Timur sangat unik berbanding terbalik dengan bangsa Eropa atau orang Indonesia. Jika Indonesia lebih suka makan menggunakan tangan maka orang Korea, Jepang atau China lebih nyaman makan memakai sumpit. Sementara orang Eropa lebih tertarik menikmati makanan mereka menggunakan sendok dan garpu.

Bicara tentang cara makan kimchi, teknik yang paling benar adalah menggunakan sumpit atau sendok. Memakai tangan secara langsung tidak dianjurkan apalagi jika Anda mengambil kimchi dalam jumlah sedikit dari dalam toples kimchi. 

Sumpit atau sendok yang digunakan pun harus diperhatikan kebersihannya. Jangan sampai mengambil kimchi menggunakan sumpit atau sendok yang kotor karena akan mempengaruhi rasa dan kualitas kimchi.

  • Cek kesegaran dan rasa secara teratur

Saran lain yang bisa Anda praktikkan saat membeli kimchi dari tempat jual kimchi di Tangerang yang murah adalah rutin memeriksa kesegaran dan rasa kimchi. Banyak yang percaya dan bilang kimchi bukan jenis makanan mudah basi. Meski demikian, Anda harus tetap waspada ketika mengonsumsi kimchi.

Jangan sampai karena keteledoran Anda, kimchi yang dikonsumsi adalah kimchi yang sudah tidak berkualitas. Mengonsumsi kimchi basi bukan menyehatkan badan justru menyebabkan sakit perut bahkan diare.

Jual Kimchi di Tangerang Terbaik Yang Pernah Ada

Buat Anda yang nggak bisa pergi kemana-mana alias stay at home aja, Anda bisa beli kimchi di AV Organic. Kami menyediakan delivery online untuk produk kimchi yang kami jual. Kelebihan produk kami yaitu:

  • Harga yang terjangkau
  • Packaging rapi, bersih dan aman
  • Bisa delivery online ke rumah Anda
  • Halal
  • Bebas bahan kimia berbahaya

Kami sudah berpengalaman dan telah lama jual kimchi di Tangerang dan sekitarnya. Anda yang ingin beli kimchi tanpa perlu repot keluar atau bikin sendiri dapat menghubungi CS kami untuk melakukan pemesanan.

Leave a Comment

× WhatsApp