Jual Kimchi di Jakarta

Jual Kimchi di JakartaPenyedia makanan kimchi memang jumlahnya semakin lama semakin banyak. Keadaan ini terjadi karena makin banyak orang Indonesia yang berani mencoba makanan asing termasuk makanan asli dari Korea. Selain menjual kimchi di restoran, beberapa pengusaha juga memilih marketplace online untuk memasarkan produknya. Tidak hanya menjual kimchi, beberapa toko bahkan menjual makanan Korea lainnya.

Mengenal Kimchi “Makanan Khas Korea”

Nama kimchi bukan nama yang asing terutama di kalangan penggemar drama dan film Korea. Karena dalam beberapa adegan drama, actor maupun aktris kerap kali menikmati kimchi baik dengan nasi maupun ramen. 

Bila dilihat sekilas, kimchi di drama Korea memiliki warna merah yang pekat dan terlihat sangat pedas. Padahal rasa utama kimchi adalah masam dan tidak terlalu pedas karena level kepedasan bisa disesuaikan dengan selera. Tapi biasanya, beberapa toko jual kimchi di Jakarta murah menawarkan cita rasa yang tidak terlalu pedas.

Jual Kimchi di Jakarta

Kimchi merupakan makanan khas atau tradisional yang ditemukan pertama kali di Korea. Kimchi bukanlah lauk utama justru dikenal sebagai asinan sayur yang dibuat dari campuran bubuk cabai pedas dan difermentasi selama beberapa bulan atau 3 tahun lamanya. 

Di Korea, jenis kimchi sangat banyak. Tapi mayoritas masyarakat Korea paling sering membuat dan menyediakan stok kimchi lobak atau sawi putih di rumah. Karena selain dijadikan banchan (menu pendamping) kimchi juga diolah menjadi hidangan utama seperti nasi goreng kimchi atau sup kimchi. 

Sejarah Kimchi

Membeli kimchi dari toko jual kimchi di Jakarta online mungkin sudah menjadi rutinitas yang Anda lakukan tiap bulan. Tapi sudahkah Anda mengetahui sejarah kimchi? Kimchi sudah dibuat sejak zaman prasejarah oleh masyarakat Korea. Untuk menciptakan rasa lezat dan ketahanan rasanya, mereka menggunakan bahan pengawet alami yaitu garam.

Kegiatan mengawetkan makanan di Korea sudah dilakukan sejak lama. Kondisi ini terjadi untuk menghindari kekurangan bahan pangan ketika memasuki musim dingin. Itulah mengapa guci kimchi di Korea akan penuh oleh kimchi saat musim dingin. 

Pada dasarnya, orang lebih suka memasak makanan secara mandiri di dalam rumah. Tapi di Korea ada budaya Gimjang yang sangat unik yakni membuat kimchi beramai-ramai bersama keluarga besar. Kimchi yang dibuat porsinya sangat besar untuk memenuhi kebutuhan kimchi di tahun berikutnya.

Dahulu, kimchi tidak berwarna merah seperti sekarang. Masyarakat Korea belum menggunakan cabai merah sehingga tampilan kimchi tampak lebih alami berwarna hijau. Kimchi merah pertama kali hadir setelah masyarakat Korea mengenal cabai dari para pedagang Portugis. 

Berdasarkan sejarah Korea jenis kimchi yang dipopulerkan pada abad ke-17 lalu terdiri dari sebelas macam kimchi. Dan seiring berjalannya waktu, jenis-jenis kimchi semakin banyak dan beragam.  

Jual Kimchi di Jakarta Dengan Banyak Jenis dan Varian

  • Kkadugi Kimchi

Dalam bahasa Korea kakdugi artinya lobak. Jadi kimchi ini dibuat dari bahan utama lobak. Penggunaan lobak untuk membuat kimchi sudah dilakukan sejak lama mengingat hasil lobak di Korea sangat melimpah. 

Sayangnya, sama seperti jenis sayuran lainnya lobak pun bisa busuk dengan mudah. Inilah alasan mengapa lobak diolah menjadi kimchi supaya bisa bertahan lama dan tidak mubazir. Agar bisa dimakan dengan mudah, lobak dipotong berbentuk persegi kecil kemudian dibumbu dengan bumbu kimchi dan garam. Biasanya kakdugi kimchi yang ditawarkan di Korea memiliki cita rasa yang cukup pedas. Karena bubuk cabai yang mereka gunakan jauh lebih banyak.

  • Baechu Kimchi

Jenis kimchi ini banyak ditawarkan oleh tempat jual kimchi di Jakarta terbaik. Baechu kimchi adalah kimchi sawi putih yang paling sering diperlihatkan pada drama atau film Korea. Kimchi ini dibuat dari sawi putih pilihan yang digarami dan difermentasikan dengan bubuk cabai dan bumbu kimchi lainnya.

Cara pengolahannya hampir sama seperti membuat kkadugi kimchi. Uniknya, baechu kimchi juga diolah menjadi makanan lainnya tidak hanya disuguhkan sebagai menu pendamping. Beberapa orang Korea sangat menyukai kelezatan dan kesegaran dari sup dan nasi goreng baechu kimchi.

  • Oisobagi Kimchi

Sama seperti orang Korea, masyarakat Indonesia juga mengenal berbagai jenis lalapan salah satunya mentimun. Di Korea, mentimun tidak hanya dinikmati mentah dan utuh tapi juga diolah menjadi oisobagi kimchi. 

Mentimun yang dipilih adalah mentimun jepang yang lebih besar dan panjang. Sebelum dibumbui dengan bumbu kimchi, timun dicuci bersih dan dipotong sesuai selera. Setelah itu mentimun dibaluri garam dan bumbu lantas difermentasikan. Tapi tidak sedikit orang yang memilih membuat kimchi mentimun secara utuh. Kimchi baru akan dipotong ketika akan dinikmati.

Berbeda dengan jenis kimchi lainnya, waktu fermentasi yang dibutuhkan untuk oisobagi kimchi jauh lebih pendek. Di beberapa restoran Korea, kimchi ini dihidangkan sebagai pendamping sup dan nasi.

  • Gat Kimchi

Jika Anda tertarik membeli kimchi dari salah satu toko jual kimchi di Jakarta enak, jangan lupa untuk memesan gat kimchi. Kimchi ini dibuat dari sawi hijau, cita rasanya mungkin hampir mirip dengan sawi putih karena waktu fermentasi dan bumbu yang dibutuhkan tidak berbeda.

Tapi bila dirasakan secara perlahan-lahan, Anda akan menemukan rasa gat kimchi yang jauh lebih juicy dan masam. Rasanya yang terlalu kuat membuat gat kimchi lebih sering dinikmati bersama nasi putih. 

  • Buchu Kimchi

Menemukan daun bawang di olahan bakso atau telur dadar mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana jika Anda diminta mencicipi kimchi daun bawang? Bagi penggemar kimchi dan daun bawang, menu ini tentu sangat disukai karena menghasilkan perpaduan rasa baru yang unik.

Rasa buchu kimchi berbeda dari kimchi lainnya. Alih-alih terasa masam, buchu kimchi lebih terasa pedas dan manis. Waktu yang dibutuhkan untuk fermentasi buchu kimchi tidak terlalu lama dan ketika dimakan, Anda akan merasakan rasa renyah daun bawang.

Sudah memahami sejarah kimchi dari Korea? Memahami sejarah kimchi mungkin bukan pekerjaan rumah kita karena makanan ini bukan berasal dari Indonesia. Tapi sebagai penggemar kimchi, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui asal usul kimchi dan jenis kimchi yang lezat. Jangan lupa pula beli kimchi di toko kimchi terbaik dan terpopuler di Jakarta.

Membeli kimchi dari toko terbaik jauh lebih bergaransi. Anda akan mendapatkan kiriman kimchi yang berkualitas dan lezat bahkan rasanya mirip dengan kimchi Korea. Anda yang tertarik untuk membeli bisa langsung saja menghubungi toko organik kami yang halal, yaitu Avorganic.id.

Bagaimana caranya? Anda tinggal menghubungi kami di nomer kontak 08537-8444-327 atau melalui e-mail yang ada di info@avorganic.id. Beritahukan kepada kami kimchi apa yang Anda butuhkan dan selanjutnya kami akan kirimkan ke tempat Anda.

Kami menjamin rasa kimchi yang enak, higienis serta bebas dari bahan pengawet. Selain jual kimchi di Jakarta, kami juga melayani pengiriman ke area lainnya di Indonesia.

5/5 - (12 votes)

Leave a Comment

× WhatsApp