Jual Kimchi di Bogor

Jual Kimchi di BogorKimchi mendapat sambutan hangat terutama bagi masyarakat Bogor dan sekitarnya yang penasaran dengan cita rasa makanan tradisional Korea tersebut. Warnanya yang merah menggoda menjadi daya tarik utama kimchi apalagi ketika dinikmati bersama semangkuk ramen yang mengepul. Anda yang mahir memasak bahkan bisa mengolah kimchi untuk dijadikan sebagai menu utama. 

Sejarah dan Fakta Menarik Kimchi

Faktanya kehadiran kimchi di Indonesia dipopulerkan berkat gelombang K-Pop. Banyak orang yang tertarik mencicipi kimchi atau makanan Korea lainnya usai menyaksikan drama atau film Korea. Tapi hanya sedikit orang Indonesia yang mengenal sejarah dan fakta unik tentang kimchi. Kebanyakan akan berpaling setelah rasa penasaran tentang kimchi terobati.

Jual Kimchi di Bogor

Agar pengetahuan Anda tentang kimchi tidak dianggap cetek oleh orang lain, simak sejarah dan fakta menarik seputar kimchi di bawah ini:

  • Garam Sebagai Pengawet Makanan

Mau di Korea atau di Indonesia, cara pembuatan kimchi hampir sama yakni menggunakan garam sebagai bahan pengawetnya. Itulah mengapa kimchi dari toko jual kimchi di Bogor online tidak pernah sepi dari pengunjung. Karena kualitas rasa kimchi tidak pernah berubah, selalu lezat dan segar. 

Penggunaan garam sebagai bahan pengawet sudah dilakukan di zaman prasejarah Korea. Mereka memanfaatkan bumbu masak tersebut untuk mengawetkan makanan sehingga bisa dimakan menjelang musim dingin.

Mengingat zaman dahulu belum ditemukan lemari pendingin yang mampu menjaga kualitas buah, sayur dan daging. Itulah mengapa banyak orang Korea yang mulai membuat kimchi di musim gugur. Mereka sengaja menimbun banyak kimchi untuk stok di musim dingin. Karena sulit menemukan sayuran segar di musim dingin.

  • Sejarah Kimchi di Era Dinasti

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal seni tulis menulis. Tulisan digunakan sebagai penggambaran sejarah. Dan untuk mengingat kimchi, Lee Kyu Bo membuat tulisan pertama tentang kimchi. Perkembangan informasi mengenai kimchi dimulai di era Dinasti Goryeo dan terus dikembangkan hingga memasuki Dinasti Joseon. Tulisan yang dibuat menjelaskan tentang pengertian kimchi dan apa saja bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kimchi.

  • Variasi Kimchi

Saat memasuki tempat jual kimchi di Bogor, mata kita akan dimanjakan dengan berbagai jenis kimchi. Keanekaragaman kimchi sudah diperkenalkan sejak lama oleh warga Korea. Mayoritas bahan utama yang digunakan adalah sayuran seperti lobak, sawi putih, sawi hijau dan sayuran lainnya.

Sementara untuk bumbu kimchi yang digunakan juga ikut mengalami perkembangan tergantung selera dan bahan utama yang digunakan. Meski demikian, kimchi utamanya selalu menggunakan bubuk cabai dan pasta cabai. Bahan kimchi yang digunakan mempengaruhi lama tidaknya waktu fermentasi. Khusus untuk kimchi daun bawang misalnya, kimchi ini tidak perlu difermentasi terlalu lama.

  • Tradisi Gimjang

Salah satu kombinasi budaya dan kuliner yang populer di Korea adalah gimjang. Gimjang merupakan kegiatan membuat kimchi yang dilakukan bersama-sama baik oleh keluarga besar maupun sekelompok orang tanpa ikatan keluarga.

Tidak hanya menghasilkan banyak kimchi, gimjang disebut-sebut menumbuhkan rasa persahabatan dan kebersamaan yang erat. Tradisi ini dilaksanakan setiap tahun tepatnya pada 5 Desember 2013. Tidak heran jika banyak turis asing yang sengaja datang ke Korea di akhir tahun untuk mengikuti gimjang. 

Cara Membuat Resep Kimchi Terenak

Membeli kimchi mungkin jauh lebih praktis daripada membuatnya sendiri di rumah. Tapi bila belakangan ini Anda sedang mengalami krisis keuangan dan tertarik membuat kimchi sendiri. Cobalah ikuti resep kimchi mudah dan terenak berikut:

Bahan-Bahan:

  • Siapkan 60 gram garam
  • 4 sawi putih atau sawi hijau (pilih yang ukurannya besar-besar)
  • 2 sendok teh parutan jahe
  • 2 sendok makan tepung beras
  • 24 siung garlic yang dihaluskan
  • 2 sendok makan sugar
  • 120 ml cangkir kecap asin
  • 1 buah bawang bombai diiris kecil-kecil
  • 480 ml air
  • 220 gram bubuk cabai merah (bisa buat sendiri/ beli instan)

Sayuran Pelengkap:

  • Lobak
  • Wortel
  • Daun bawang secukupnya

Cara Pembuatan:

  1. Restoran jual kimchi di Bogor biasanya memiliki resep kimchi yang istimewa. Tapi untuk membuat kimchi sederhana dengan rasa yang tidak kalah lezat, silahkan belah sawi putih jadi dua bagian.
  2. Setelah sawi putihnya siap, cuci bersih kimchi dan pastikan tidak ada sela yang tertinggal. Kemudian ambil garam kasar untuk dibalurkan merata pada sawi putih. Proses penggaraman harus dilakukan dengan baik dan maksimal karena bisa mempengaruhi kualitas kimchi.
  3. Usai sawi putih digarami, biarkan selama 120 menit sehingga garam meresap pada helaian daun sawi. Usahakan tiap 30 menit sekali, Anda membalik sawi.
  4. Sawi yang telah digarami biasanya menjadi layu. Bersihkan kimchi tersebut dengan air mengalir hingga tidak ada garam kasar yang tersisa.
  5. Sementara sawi putih disisihkan, Anda bisa membuat adonan bumbu kimchi yakni pasta cabai. Proses pembuatan pasta cabai alami tidak begitu sulit, cukup rebus air bersama tepung beras hingga mengental. Kemudian tambahkan gula dan aduk adonan terus menerus. Usai mendidih, matikan kompor dan sisihkan.
  6. Siapkan adonan pasta cabai yang sudah dingin untuk dicampurkan bersama jahe, bubuk cabai merah dan bawang putih. Aduk adonan hingga tercampur dengan baik.
  7. Jika menggunakan sayuran pelengkap, silahkan Anda iris sayuran sesuai selera dan masukkan pada bumbu pasta cabai yang sudah dibuat sebelumnya.
  8. Ambil sawi putih dan balurkan dengan pasta cabai secara merata. Jangan sampai ada bagian yang tertinggal. Setelah semua sawinya terbalur bumbu, tempatkan kimchi mentah tersebut pada guci atau wadah kedap udara untuk difermentasikan.
  9. Proses fermentasi di suhu ruangan bisa dilakukan selama 2 hari, setelah itu kimchi rumahan yang Anda buat bisa ditempatkan pada lemari es. 

Itulah resep kimchi rumahan yang mungkin bisa mengobati kerinduan Anda pada kimchi. Apalagi jika Anda tidak bisa membeli kimchi dari toko jual kimchi di Bogor murah seperti biasanya. Mungkin cita rasanya berbeda dari kimchi yang dijual di toko, tapi setidaknya kimchi rumahan hasil kreasi sendiri masih bisa Anda nikmati sebagai side dish atau menu utama. 

Resep tersebut juga mengajarkan kita bagaimana cara membuat pasta cabai, cocok jika Anda tidak begitu familier dengan rasa pasta cabai instan buatan Korea.

Jual Kimchi di Bogor

Kalau Anda tertarik ingin mencicipi kimchi khas Korea tapi yang dijamin halal, segar dan enak, maka Anda bisa langsung saja beli di toko organik AV Organic. Kami tidak hanya jual kimchi di Bogor, namun juga menyediakan aneka macam produk organik yang bebas pestisida serta bebas dari GMO (Genetically Modified Food). Maka kimchi kami lebih menyehatkan untuk tubuh dan rasanya juga dijamin enak dengan harga yang terjangkau. Tunggu apalagi? Segera hubungi CS kami untuk melakukan pemesanan secara online di nomer kontak 08537-8444-327 atau kirim email ke info@avorganic.id.

Leave a Comment

× WhatsApp