Jual Ghee Butter

Jual Ghee Butter – Meskipun sudah cukup populer namun masih banyak orang yang bingung membedakan ghee dengan margarin biasa. Jika hanya melihatnya sekilas saja memang tidak ada perbedaan khusus antara keduanya. Namun jika diperhatikan lebih dekat kedua produk ini memiliki tekstur dan warna yang berbeda.

Jual Ghee Butter

Perbedaan Ghee Butter dan Butter Biasa

  • Ghee

Untuk perbandingan Anda bisa melihat beberapa karakteristik dan kandungan yang ada pada ghee. Ghee adalah minyak yang memiliki kandungan lemak asam, fungsinya cukup bagus untuk menyehatkan pencernaan.

Lemak ini juga mempermudah proses pencernaan makanan dalam lambung. Jadi zat-zat sehat dari makanan bisa langsung terdistribusikan dengan baik. Sementara untuk kotorannya segera dibuang agat tidak mengotori usus.

Kandungan nutrisi yang ada dalam ghee juga tidak main-main. Bukan hanya asam lemak saja, melainkan CLA, vitamin E dan A. Ketiga zat dalam jual ghee butter terbaru memiliki peranan penting untuk mencegah pertumbuhan kanker dan tumor. Selain itu zat ini juga memiliki peranan baik untuk mencegah tubuh terpapar radikal bebas. Jadi imun dalam tubuh menjadi lebih baik dan bisa bertahan dari penyakit maupun bakteri.

Kandungan dalam ghee juga cocok untuk seseorang yang tidak bisa menerima lemak dan susu sapi. Ghee hanya memiliki beberapa persen saja mengenai kandungan laktosa dan kaseinnya. Namun hal ini juga harus diperhatikan persen konsumsi harian untuk pemilik alergen sapi supaya bisa berjaga-jaga.

Ghee ini terbentuk dari minyak murni yang terbuat dari lemak sehat. Jadi kandungan susu di dalamnya hampir sama sekali tidak ada. Meskipun begitu Anda wajib tahu kalau ghee sama sekali bukan merupakan konsumsi vegan. Di dalamnya masih ada sisi hewani yang menjadi pembentuknya. Ghee cukup lezat untuk olahan steak maupun makanan goreng lainnya.

  • Butter

Untuk perbandingan berikutnya adalah butter. Hal ini untuk mempermudah Anda mengenali perbedaan butter dan jual ghee butter terbaik. Butter banyak digunakan untuk bahan pembuatan kue karena rasanya yang lezat dan teksturnya lembut. Namun banyak juga yang menganggapnya sebagai makanan tidak sehat karena kandungan lemak di dalamnya.

Sayangnya dalam butter ini terdapat banyak lemak jenuh yang cukup berbahaya untuk organ tubuh. Apalagi jika frekuensi mengonsumsinya juga terlalu banyak tentu akan mengakibatkan dampak tidak baik. Jadi semacam makanan netral jika jumlah konsumsinya sesuai dengan kebutuhan tubuhnya.

Dibandingkan ghee konsumsi butter harus lebih sedikit karena kandungan lemak jenuh di dalamnya. Ghee bisa dikonsumsi lebih banyak untuk memberikan rasa lezat dalam makanan. Sementara untuk butter cukup satu sendok saja sudah melebihi kebutuhan hariannya. Itulah mengapa konsumsi kue yang menggunakan butter tidak boleh terlalu banyak.

Untuk Anda yang ingin mempertimbangkan kandungan lemak untuk makanan maka bisa menggunakan ghee saja. Namun sesekali bisa diselingi menggunakan butter dengan takaran yang pas. Titik didih dari butter juga cenderung lebih rendah dibandingkan ghee jadi untuk penguraian dan kontaminasi udaranya jauh lebih rentan.

Tips Membuat Ghee Sendiri

Setelah melihat beberapa perbandingan tersebut Anda bisa membuat ghee secara mandiri. Adapun bahan dan langkah yang bisa digunakan untuk membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Alat dan bahan

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat ghee sendiri adalah menyiapkan semua alat dan bahannya. Perlu diketahui bahwa pembuatan ghee ini hanya memerlukan bahan yang alami tanpa pengawet. Jadi proses penyimpanan dan pengolahannya harus steril agar tidak ada bakteri yang bersarang di dalamnya. Direkomendasikan menggunakan wadah dan pengaduk dari stainless. Bahan ini tidak mengubah rasa bahan dan membuat bakteri transfer.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat ghee adalah garam untuk masak, 2 daun salam dan 1 kg mentega tawar. Semua bahan ini termasuk bahan yang mudah dicari jadi disarankan untuk membuatnya sedikit saja agar selalu fresh. Ghee yang fresh bisa mempertahankan aroma masakan menjadi tetap lezat.

  • Cara mengolahnya

Setelah semua bahan dan alatnya lengkap, jual ghee butter terpercaya bisa diolah menggunakan beberapa cara sebagai berikut:

  • Siapkan panci dan pemanas

Langkah pertama untuk mengolah ghee adalah menyiapkan panci dan pemanas serta pengaduk jika dibutuhkan. Kemudian letakkan panci di atas kompor dan semua bahan yang sudah disediakan. Lelehkan secara perlahan dengan kompor kecil agar tidak sampai gosong. Lakukan pengadukan jika diperlukan agar bisa meleleh sempurna.

  • Jangan ditinggal

Mengolah ghee tidak akan menghabiskan waktu yang banyak. Jadi jangan meninggalkannya walaupun sebentar. Hal ini dikarenakan ketika dimasak akan muncul busa pada permukaannya. Tugas Anda adalah memisahkan busa dari lelehan menteganya. Bawalah mangkok dan sendok untuk memudahkan proses pemindahan busa tersebut.

Masaklah terus dengan api kecil sampai semua busa yang muncul ini terpisahkan dari lelehannya. Anda memang harus sigap dalam melakukan ekseskusinya. Perhatikan selalu kompor yang digunakan jika suhu panci terlalu tinggi matikan dan hidupkan lagi sesuai kebutuhan.

  • Matikan kompor

Jika semua bahan sudah meleleh dengan sempurna, Anda bisa mematikan kompor dan menunggu sedikit dingin untuk dipindahkan. Setelah itu angkatlah komponen yang tidak dibutuhkan seperti daun salah. Barulah saring larutan ghee agar lebih bersih jadinya. Pastikan Anda mengaduk dan menyaring dengan baik. Ghee yang berhasil warnanya akan kuning keemasan.

Anda harus berhati-hati dengan lelehan panas ini karena bisa melukai tangan tanpa pelindung. Gunakan sarung tangan masak dan juga celemek agar tidak mengenai kulit saat membuatnya. Biarkan wadah yang digunakan dingin terlebih dahulu baru dibersihkan karena suhunya cukup tinggi. Hal ini bisa melukai kulit Anda.

  • Tambah garam

Jika sudah selesai pindahkan ghee yang sudah jadi pada wadah yang diinginkan. Disarankan tidak menggunakan wadah dari plastik karena rentan leleh. Selain itu wadah plastik membuat aroma bahan menjadi tidak enak. Anda bisa menggunakan wadah dari stainless yang memiliki tutup. Untuk lebih praktisnya juga bisa menggunakan jar atau kaleng beling.

Setelah itu masukkan garam sesuai selera namun jangan terlalu banyak. Aduk cepat jangan sampai terlanjur dingin. Garam ini memiliki fungsi yang krusial untuk membuat tekstur ghee seperti yang diinginkan. Bahkan jika tidak menggunakan garam teksturnya terlalu cair untuk digunakan. Tunggu sampai ghee padat dan siap untuk dipakai sesuai keperluan.

  • Simpan

Anda harus menyimpan ghee ini pada tempat kering dan tidak terkena matahari secara langsung. Anda juga bisa menyimpannya dalam lemari es asalkan tertutup rapat dan tidak ada ruang udara dalam jarnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah perkembangan jamur dalam gheenya.

Ghee butter digunakan untuk memenuhi kebutuhan minyak harian adalah pilihan yang tepat. Olahan makanan bisa menjadi lebih sehat, selain itu ghee juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan kecantikan. Anda bisa menggunakan sisa ghee yang terlalu banyak untuk masker seluruh badan. Kandungan lembap dalam ghee membuat kulit menjadi lebih sehat dan tidak kering.

AV Organic sendiri jual ghee butter yang sehat dan bebas bahan kimia. Kami adalah usaha rintisan yang bertujuan menjual berbagai macam produk organik menyehatkan. Hubungi kami di +628537-8444-327 (08.00 – 17.00 WIB) atau email ke info@avorganic.id untuk infonya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AV Organic (@avorganic)

Leave a Comment

× WhatsApp