Ghee Untuk Kue

Ghee Untuk Kue – Seperti yang sudah diketahui bahwa butter adalah bahan penting untuk proses pembuatan kue. Namun ketika seseorang sudah berhenti konsumsi butter jelas bahan ini harus ada gantinya dalam membuat kue. Anda tidak perlu khawatir, karena ghee bisa digunakan untuk kue sesuai takarannya. Ghee sendiri juga memiliki rasa gurih dan pekat jadi membuat kue lebih lembut.

Ghee Untuk Kue

Informasi Ghee untuk Kue yang Harus Diketahui

  • Cocok untuk berbagai jenis hidangan

Tidak hanya kue, ghee juga bisa digunakan untuk membuat semua jenis hidangan. Hidangannya bisa berupa makanan pembuka, makanan inti sampai penutup yang manis-manis. Hanya saja memang eksekusinya tidak semudah menggunakan mentega karena kadar air di dalamnya sudah hilang.

Jadi Anda harus benar-benar memperhatikan takaran dan juga tingkat panas yang digunakan. Sudah banyak orang yang menggunakan ghee untuk bahan kue dan rasanya hampir sama dengan mentega. Ada juga yang membuat kue namun hasilnya bantat dan tidak mengembang. Pengaruh adanya pengembang dan cara penggunaan ghee memang berpengaruh dengan hasilnya.

Seperti halnya menggunakan ghee untuk membakar seafood atau ayam. Kebanyakan orang menganggap ghee membuat tekstur makanan cepat gosong. Hal ini dikarenakan gheenya terlalu padat dengan bentuk kotak kubus besar. Namun ada juga yang berhasil membuat bakaran lezat dengan ghee yang sudah dicairkan terlebih dahulu.

  • Jangan gunakan saat beku

Kesalahan yang banyak terjadi dalam menggunakan ghee untuk kue termudah adalah menggunakannya dalam keadaan beku. Keadaan beku membuat ghee kehilangan tekstur aslinya dan air lelehan yang tidak seimbang. Jadi ghee beku bongkahan besar jangan langsung dimasukkan untuk hidangan.

Cara mudah untuk menggunakan ghee agar berfungsi layaknya mentega adalah keluarkan dari pendingin. Kemudian tunggu sampai esnya mencari sekitar 15-20 menitan. Anda bisa melihatnya dari perubahan tekstur awal dan setelah menit masa berikutnya. Selanjutnya potong dengan ukuran tipis seperti mentega untuk memudahkan dalam penggunaannya. Ghee yang seperti ini sudah siap untuk bahan pembuatan kue.

  • Kombinasikan dengan susu

Beberapa orang yang pertama kali menggunakan ghee untuk bahan kue mungkin akan kesulitan. Ghee murni memang tidak memiliki kandungan turunan susu sapi banyak seperti mentega. Inilah alasannya ghee cocok untuk orang yang alergi susu sapi dengan takaran yang sesuai. Namun jika tidak memiliki alergen terhadap susu sapi bisa ditambah dengan susu sapi murni sesuai kebutuhan.

Ada kalanya untuk tipe kue tertentu hanya dengan menggunakan ghee saja teksturnya akan bagus. Namun ada juga yang menggunakan ghee namun membuatnya keras dan tidak enak untuk dinikmati. Untuk menghindari hal ini tambahkan saja susu murni untuk menyeimbangkan kandungan yang ada pada mentega.

  • Ghee untuk mentega lelehan

Dalam ghee untuk kue terbaik perlu diketahui keperluan mentega dalam sebuah roti. Hal ini sangat menentukan bisa tidaknya ghee menggantikan posisi menteganya. Untuk membuat sebuah roti mentega yang digunakan ada bentuk bongkahan kecil, disisir, atau dalam bentuk lelehan. Dalam bentuk mentega yang bongkahan unsur lemak dan airnya cukup kuat. Ghee tidak bisa menggantikan bahan mentega kue seperti ini.

Sementara untuk mentega yang sudah dalam bentuk lelehan ghee bisa menggantikannya. Tekstur mentega lelehan dengan ghee hampir sama. Unsur lemak di dalamnya juga sudah sedikit terpecah. Apalagi kandungan air di dalamnya berkurang atau menyusut beberapa persen. Ghee untuk kue dengan bahan mentega lelehan tidak membutuhkan tambahan susu di dalamnya.

  • Aroma ghee

Untuk Anda yang suka dengan aroma cukup pekat dan lezat cocok menggunakan ghee untuk kue. Apalagi untuk tipe kue biskuit kering atau kue lembut pasti aroma adalah penentu kelezatan ketika dimakan. Hanya saja perlu diketahui ukuran ghee yang tepat dalam penggunaannya. Ghee bisa juga ditambahkan untuk kue dengan perbandingan 1:1 dengan mentega agar tetap bagus teksturnya.

Untuk mendapatkan ghee yang bisa digunakan dalam pembuatan adonan kue, Anda bisa beli langsung di AV Organic. Kami adalah usaha rintisan yang menjual berbagai macam produk-produk organik sehat bebas pestisida.

Anda bisa mendapatkan produk seperti ghee butter, susu, minyak, madu, bakso, garam, gula, kimchi, dll. Hubungi kami di +628537-8444-327 (08.00 – 17.00 WIB) email ke info@avorganic.id untuk pemesanan online.

Informasi Perkembangan Ghee di Indonesia

Masih termasuk bahan baru dan belum banyak orang yang mengenalnya. Namun ghee sendiri memiliki manfaat cukup bagus untuk kesehatan. Anda bisa mengenal beberapa informasi menarik terkait ghee seperti di bawah ini:

  • Awalnya untuk ritual keagamaan

Ghee banyak ditemukan dalam olahan makanan India hampir di setiap hidangannya. Hal ini berkaitan dengan munculnya ghee sebagai minuman khusus dewa dalam persembahan. Minuman leluhur yang suci dan memiliki martabat cukup tinggi sampai ada himne untuk gheenya sendiri. Pemeluk agama Hindu sudah sangat kenal dengan ghee karena kegunaannya untuk semua jenis upacara penting keagamaan.

Ghee adalah makanan untuk dewa, sehingga dipercaya memiliki khasiat dan pertanda baik. Jadi mereka melibatkan ghee pada setiap kegiatan penting untuk mendapatkan berkah. Sampai akhirnya muncullah ide untuk menggunakan ghee sebagai pengobatan penyakit dan mencampurnya untuk makanan. Ghee memiliki cita rasa yang lezat dan tidak memiliki efek buruk bagi kesehatan.

  • Pembuatan ghee

Sebelum banyak dikenal ghee untuk kue terpercaya, proses pembuatannya juga cukup sederhana. Bahan yang diperlukan hanya mentega tawar saja, meskipun sekarang sudah banyak yang mencampurkan rempahan daun agar lebih segar aromanya. Kemudian Anda harus memanaskan mentega tawar ini untuk menghilangkan kandungan proteinnya. Tunggu sampai semua protein di dalamnya menguap dengan sempurna.

Setelah lelehan ini berhasil dibuat kemudian bisa langsung dipindahkan dalam wadah yang aman. Carilah wadah yang memiliki penutup atasnya untuk menghindari udara masuk. Anda juga tidak pelru repot menyimpan ghee dalam lemari es karena bahan ini mampu bertahan dalam suhu ruangan biasa.

  • Makanan yang menggunakan ghee

Bagi yang masih bingung untuk menggunakan ghee, bisa melihat olahan makanan yang umumnya menggunakan ghee. Ghee banyak dipakai untuk menumis, campuran salad sampai dengan panggangan. Aromanya yang sedap membuat cita rasa makanan menjadi lebih menggugah selera.

Awalnya ghee hanya ada di Arab dan India untuk membuat menu masakan yang lezat. Dulunya ghee juga dibuat dari lemak hewan seperti unta, kerbau maupun sapi. Namun lambat laun semakin modern hanya dengan menggunakan turunan susu sapi. Seperti halnya di Indonesia ghee yang dibuat menggunakan bahan mentega murni jadi lebih praktis.

Banyak disebut juga dengan minyak samin, bahan ini digunakan untuk mengolah masakan Timur Tengah dan juga Asia Selatan. Di Indonesia sendiri penggunaannya juga semakin familier. Seperti halnya untuk mengolah makanan olahan soto. Bisa juga untuk tambahan aroma sop, nasi kebuli dan martabak premium.

Meskipun bisa dibuat sendiri namun saat ini sudah ada yang menjualnya dalam bentuk siap digunakan. harganya variatif tergantung jenis turunan susu sapi berkualitas yang digunakan. Semakin bagus kualitasnya maka harganya juga semakin mahal.

Ghee untuk kue adalah pilihan yang baik untuk membuat cita rasa kue menjadi lebih enak. Anda juga bisa menggunakan ghee untuk olahan hidangan lainnya agar lebih variatif. Ghee adalah bahan sehat dan bagus untuk seluruh anggota keluarga yang mengonsumsinya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AV Organic (@avorganic)

Leave a Comment

× WhatsApp