Ghee Untuk Apa?

Ghee Untuk Apa – Ghee bukan hanya banyak dikonsumsi oleh orang tua. Namun kandungannya yang bagus ini juga bisa digunakan untuk MPASI bayi dan anak. Banyak orang tua memasukkan ghee untuk mengolah dan mencampur makanan si kecil agar lebih sehat. Hal ini juga membuat aroma dari makanan si kecil menjadi lebih enak dan lahap dimakan.

Ghee Untuk Apa

Ghee Untuk Apa Manfaatnya dan Pemberiannya Bagi Bayi

  • Sesuaikan usia dan berat badan

Penggunaan ghee memang sehat untuk anak dan bayi namun ternyata harus diperhatikan usia dan berat badannya. Pemberian ghee yang sesuai harus pas dengan kondisi struktur tubuh bayi agar siap menerimanya. Hal ini sesuai dengan jenis makanan yang akan dikonsumsi oleh bayi.

Nyatanya ghee tidak boleh sembarangan langsung diberikan pada bayi. Untuk bayi yang masih awal memasuki usia MPASI harus selalu konsultasi dengan dokter. Jika kondisi tubuhnya siap maka olahan ghee ini bisa menjadi santapan yang sehat untuknya. Dengan begitu pencernaan bayi akan lebih siap menerima makanan dari ghee ini.

  • Berat badan yang kurang

Bayi sering mendapatkan masalah dengan susahnya naik berat badan. Bahkan ketika gizi yang diberikan sudah seimbang sekalipun. Ternyata ghee untuk apa khasiatnya berperan penting untuk membantu menaikkan berat badan bayi. Takaran ghee harus disesuaikan dengan kecilnya berat badan bayi.

Semakin kecil ukuran bayi maka ghee yang diberikan juga harus lebih takarannya. Lemak yang ada dalam ghee terbukti cukup aman dan tidak mengganggu organ bayi. Hal ini berkaitan dengan organ tubuh bayi yang masih dalam proses penyesuaian dan sensitif dengan bahan makanan.

  • Berat badan yang lebih

Selain untuk bayi dengan berat badan yang kurang Anda bisa menggunakan ghee untuk bayi dengan berat badan lebih. Yang membedakannya adalah takaran pemberian ghee untuk bayinya. Kandungan lemak dalam ghee memang baik namun untuk bayi yang sudah memiliki berat lebih banyak pemberiannya harus diperhatikan.

Anda bisa mengurangi takarannya sampai separuh takaran pemberian untuk bayi berat badan kurang. Jumlah ini lebih ringan dan mudah dicerna dengan baik oleh tubuh bayi dengan berat badan lebih.

  • Mulai dari yang sedikit saja

Hal berikutnya dalam penggunaan ghee untuk apa manfaatnya ini adalah harus memperhatikan takarannya. Perut bayi masih perlu adaptasi dengan makanan baru apalagi dalam bentuk minyak. Jadi memberikan takaran yang langsung banyak bisa membuat bayi mual atau terganggu pencernaannya.

Direkomendasikan untuk memberikan takaran ghee pada bayi sebanyak satu sendok teh saja terlebih dahulu. Pemberian ghee ini juga jangan terlalu sering untuk fase MPASI pertama. Berikan selingan dengan makanan lain agar perut bayi bisa beradaptasi dengan baik.

  • Tingkatkan penggunaan

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah peningkatan dosis penggunaan ghee ini. Dari satu sendok bisa meningkat menjadi dua, tiga sampai dengan empat sendok teh. Perhatikan terlebih dahulu reaksi bayi terhadap suapan olahan ghee tersebut. Jika menerima dengan baik barulah bisa dilanjutkan dengan tahapan takaran berikutnya.

Hal ini akan membuat bayi bisa beradaptasi dengan baik. Perlahan tapi pasti ghee memberikan manfaat cukup baik untuk bayi selama pertumbuhannya. Perhatikan juga takaran pemberian tergantung berat badan dan umur bayinya.

Fakta Menarik Mengenai Ghee

Selain bagus untuk bayi, ghee ini juga diharapkan menjadi makanan terobosan baru dengan kandungan yang bagus. Adapun beberapa fakta menarik dari ghee yang bisa diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Titik didih

Dari berbagai macam jenis minyak memang memiliki tingkat didihnya masing-masing. Ghee memiliki titik didih paling besar dibandingkan jenis lainnya. Hubungan titik didih ini dalam ghee untuk apa keunggulannya sangat penting. Titik didih berpengaruh dengan reaksi radikal dan zat lain yang berbahaya dalam minyaknya.

Apalagi jika sudah terkontaminasi dengan zat lain selama penggunaannya. Lemak dalam ghee juga memiliki kadar yang lebih sehat dari jenis minyak lainnya. Tanpa adanya pengawet jadi harus disimpan dalam jar dengan kondisi tertutup rapat. Ghee bisa dibeli dengan ukuran dan harga yang bermacam-macam.

  • Bahan yang tidak mudah rusak

Meskipun proses penyimpanannya memang harus diperhatikan namun Anda harus tahu kalau bahan ini tidak mudah rusak. Ghee mampu bertahan puluhan sampai ratusan tahun dengan khasiat yang sama. Uniknya lagi dalam penyimpanan bahan ini juga tidak memerlukan adanya bahan pengawet atau pendingin untuk mempertahankan isinya.

Hal ini tentu menjadi pembeda ghee dengan jenis mentega minyak lainnya. Kebanyakan minyak mentega hanya bisa bertahan beberapa tahun saja maksimalnya. Bahkan ada juga yang memerlukan penggunaan pengawet maupun tempat pendingin agar bisa lebih tahan lama.

  • Bagus untuk imun tubuh

Fakta menarik ketiga dari ghee adalah di dalamnya terdapat beberapa komponen yang mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Kandungan penting tersebut meliputi vitamin E, A, K dan D serta adanya antioksidan. Beberapa komponen ini mampu memberikan imun cukup kuat dalam tubuh. Tidak hanya itu saja suplai vitamin yang cukup membuat daya ingat menjadi lebih kuat.

Itulah sebabnya ghee banyak dipakai untuk olahan makanan anak dan bayi. Hal ini bertujuan untuk membangun daya ingat mereka menjadi lebih baik. Mereka juga lebih sehat dan siap menjalani aktivitas hariannya.

  • Pengganti minyak lainnya

Banyak orang yang suka dengan olahan minyak bahkan menu makanan yang dicampur minyak. Hanya saja butter dan mentega lainnya tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sesering mungkin. Setelah itu masyarakat mulai mengenal ghee dengan mempertimbangkan beberapa hal penggunaannya.

Ghee cocok digunakan untuk memasak, menggoreng sampai dengan campuran makanan biasa. Bahkan bukan hanya untuk dimasak saja namun juga bisa untuk perawatan badan. Kandungan dalam ghee aman tanpa adanya bahan berbahaya di dalamnya.

  • Mentega yang dimurnikan

Mungkin dalam kenyataannya masih banyak orang yang tidak tahu asal dari ghee ini. Perlu diketahui bahwa ghee adalah mentega biasa yang dimurnikan. Dibuat dari mentega murni yang diolah secara alami sampai lemak jahat yang ada di dalamnya hilang. Proses pemasakan yang maksimal inilah yang membuat ghee bisa tahan lama saat digunakan. Ghee juga bukan termasuk bahan vegan karena masih terbuat dari unsur hewani.

  • Warna dan aroma

Hal ini juga menjadi fakta menarik dari ghee untuk digunakan. Warna dari ghee ini terlihat sangat menarik dengan kuning keemasan. Kemudian dari segi aroma juga sangat harum dan lezat. Jadi tidak salah jika penggunaannya juga cukup nyaman untuk menyehatkan kulit. Rasanya lebih lekat dari mentega biasa sehingga penggunaannya juga lebih hemat. Mentega ini mudah dicerna dalam pencernaan tanpa meninggalkan masalah.

Informasi mengenai ghee untuk apa ini bisa menjadi acuan untuk Anda yang masih ragu mengonsumsinya. Ghee juga aman digunakan untuk seluruh umur dan anggota keluarga jadi pembeliannya juga lebih hemat. Anda bisa beli langsung di AV Organic, caranya menghubungi +628537-8444-327 (08.00 – 17.00 WIB) atau email ke info@avorganic.id.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AV Organic (@avorganic)

Leave a Comment

× WhatsApp