Cara Penyimpanan Susu Kambing Segar

Cara Penyimpanan Susu Kambing Segar – Kelezatan rasa dan banyaknya kandungan nutrisi dalam produk susu kambing segar semakin banyak peminatnya. Beragam manfaat vitamin, karbohidrat, protein, mineral, seng, omega 3, kasein dan fosfor membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Susu kambing segar ramah dikonsumsi untuk segala jenis umur. Akan tetapi, susu kambing yang tidak mengandung zat anti bakteri, mengakibatkan susu lebih mudah basi. Meskipun telah disimpan dalam kulkas. Agar susu kambing tetap awet dan terjaga khasiatnya, Anda perlu membaca artikel ini dengan seksama!

Cara Penyimpanan Susu Kambing Segar

Cara Penyimpanan Susu Kambing Segar Yang Tepat Menjaga Keawetan

  • Dimasak Terlebih Dahulu

Panaskan susu kambing segar selama 10 menit dengan suhu panas mencapai 70℃. Jangan memasak susu kambing sampai mendidih. Cukup aduk secara perlahan searah jarum jam agar susu kambing tidak menggumpal.

setelah proses pemanasan selesai. Maka, susu kambing dibiarkan terlebih dahulu sampai mengendap di bagian atasnya. Ketika sudah dingin, simpan dan masukkan susu kambing segar ke dalam wadah kedap udara.

  • Susu Kambing Disimpan Di Dalam Kulkas

Bila Anda belum sempat meminumnya. Lebih baik, simpanlah susu kambing segar ke dalam kulkas agar lebih awet. Simpan dalam suhu mencapai 2-4℃. Jangan terlalu sering membuka dan menutup botol susu kambing jika tidak ingin meminumnya. Sebab dapat mempengaruhi kualitas rasanya.

  • Segera Mengonsumsi

Terdapat dua jenis susu kambing yaitu, susu segar dan susu yang telah diberi bahan pengawet. Jika Anda memiliki susu kambing berbahan pengawet. Maka, bersegeralah untuk menghabiskannya. Karena meskipun telah diberi pengawet, susu kambing hanya mampu bertahan dua sampai tiga jam setelah kemasannya dibuka.

Namun, jika Anda memiliki susu kambing segar tanpa bahan pengawet. Cara penyimpanan susu kambing segar paling aman dengan menghangatkannya terlebih dahulu, agar susu segar dapat disimpan selama satu minggu.

  • Disimpan Dalam Botol Plastik

Setelah menghangatkan susu kambing. Maka, gunakanlah botol plastik yang telah disterilkan sebagai tempat penyimpanannya. Lebih baik, hindari menyimpan susu kambing dalam botol kaca. Hal ini dapat mengakibatkan kandungan vitamin A, riboflavin dan asam amino seperti tirosin dan triptopan menjadi mudah hancur.

  • Mencampurkan Baking Soda

Dengan menambahkan baking soda pada susu yang telah dipanaskan dapat membuat susu menjadi lebih tahan lama. Cukup tambahkan sedikit baking soda sebanyak ½ sendok teh ke dalam panci susu.

Aduk baking soda selagi susu dalam kondisi hangat. Menambahkan baking soda dalam susu dapat menjaga kandungan nutrisi dan membuatnya tetap aman dikonsumsi.

Manfaat Susu Kambing Segar Bagi Kesehatan Tubuh

Mahalnya harga jual kambing menunjukkan tingginya tingkat kualitas dan khasiat yang akan diperoleh saat dikonsumsi. Sebab segala yang ada pada kambing dapat diambil manfaatnya. Maka, tak heran jika banyak orang memilih untuk merawat kambing. Kemudian menjual susu perah segar dari kambing.

Susu kambing segar ternyata mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Dengan memahami cara penyimpanan susu kambing segar, Anda dapat mengatasi masalah kesehatan yang sedang diderita. Di antaranya, masalah pernafasan, masalah sistem pencernaan, mengobati diabetes, penyakit kanker hingga mengobati pengeroposan tulang.

  • Nutrisinya Mudah Diserap oleh Tubuh

kandungan lemak yang terdapat dalam susu kambing lebih rendah, dibandingkan lemak pada susu sapi. Selain itu, aktivitas lambung yang membentuk protein dari susu kambing menghasilkan gumpalan yang lembut. Sehingga mudah diolah oleh sistem pencernaan.

Rendahnya kandungan laktosa atau gula dalam susu  kambing, dapat dijadikan alternatif bagi Anda yang tidak cocok dengan laktosa pada susu sapi. Susu kambing sangat efektif untuk pengobatan sakit maag.

Selain itu, resiko  terkena alergi setelah mengonsumsi susu kambing lebih rendah. Dibandingkan  susu sapi yang mengandung protein kompleks. Sehingga, susu kambing menjadi pilihan tepat bagi Anda yang tidak bisa mengonsumsi makanan dengan jumlah protein tinggi.

Sifat susu kambing yang ramah dan menenangkan sistem pencernaan. Dapat membantu proses penyembuhan bagi penderita gangguan kesehatan usus dan peradangan. Karena, di dalam susu kambing terkandung sifat probiotik yang mendorong sistem pencernaan bekerja dengan baik.

  • Rendah Kolestrol

Meskipun susu kambing mengandung asam lemak esensial. Namun, susu kambing justru ramah dan rendah kolestrol. Jika susu sapi memiliki 17% lemak esensial, maka susu kambing memiliki 35% lemak. Kandungan lemak esensial yang semakin tinggi, terbukti mampu menurunkan kadar kolestrol.

Faktanya, kandungan lemak  dalam susu kambing merupakan sumber energi yang mudah dibakar. Sehingga, tubuh tidak menyimpan lemak tersebut sebagai hal yang membahayakan. Justru kandungan asam linoleate dan arakodinat dalam lemak esensial membatu menurunkan kadar kolestrol dan menjaga kadar trigliserida.

Hal itu yang menjadikan konsumsi susu kambing segar setiap hari tidak mengakibatkan Anda menderita penyakit jantung. Sejak dini, Anda dapat mencegah risiko terjadinya penyakit jantung dengan cara penyimpanan susu kambing segar di rumah. Sebab dalam susu kambing terdapat asam lemak anti mikroba seperti, asam kaprat dan kaprilat.

  •  Kalsium yang Melimpah

Kebanyakan media menginformasikan bahwa kandungan kalsium dalam susu sapi cukup tinggi. Akibatnya, orang jarang mengetahui beragam manfaat yang akan diperoleh jika mengonsumsi susu kambing.  Padahal, susu kambing segar juga menyimpan kekayaan kalsium dan fosfor dalam setiap tegukan susunya.

Kandungan kalsium dan fosfor baik untuk pembentukan tulang. Jika konsumsi susu kambing segar pada anak dapat membantu proses pertumbuhan dan penguatan tulangnya. Maka, konsumsi susu kambing bagi orang tua dapat mencegah pengeroposan tulang.

Karena di dalamnya terdapat kalsium dan asam amino triptofan. Dengan mengonsumsi susu kambing setiap hari, Anda tidak perlu ragu untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

  • Membantu Perawatan Kulit

Ternyata kandungan trigliserida dan asam lemak tidak hanya bermanfaat untuk tubuh. Namun, juga baik untuk proses perawatan dan menjaga kesehatan kulit. Manfaat di dalamnya terdapat vitamin A yang tinggi. Sehingga membantu melawan jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Selain itu, asam laktat dalam susu kambing membantu proses eksfoliasi pada kulit. Dengan membersihkan tubuh dari sel kulit mati. Maka, kulit Anda akan terlihat lebih cerah. Itulah alasan, mengapa saat ini banyak produk perawatan kulit yang berbahan dasar susu kambing segar. Misalnya lotion, masker dan sabun mandi susu kambing.

  • Mencegah Risiko Alergi

Rendahnya senyawa protein kasein A1 pada susu kambing berpotensi tidak menimbulkan alergi bentol-bentol kemerahan pada kulit. Dibandingkan dengan mengonsumsi susu sapi.

Banyak orang membuktikan dan telah menginformasikan bahwa susu sapi lebih sering menimbulkan alergi dan rentan mengganggu sistem pernafasan. Maka, susu kambing hadir menjadi penawarnya.

Tingginya lemak pada susu sapi menjadi alasan menumpuknya lendir dan lemak jahat. Sehingga hal ini mengakibatkan orang yang tubuhnya tidak kuat dengan kandungan protein susu sapi. Dapat memunculkan masalah iritasi dan peradangan pada usus. Jika sudah demikian, maka susu kambing dapat menenangkan aktivitas sistem pencernaan.

Sudah teratasi bukan, kebingungan Anda dalam cara penyimpanan susu kambing segar!. Mari hidup lebih sehat dengan mengenal cara penyimpanan yang tepat. Sehingga kekayaan nutrisi pada susu kambing tetap bisa dimaksimalkan oleh tubuh. Langkah tepat, keluarga pun sehat!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AV Organic (@avorganic)

5/5 - (7 votes)

Leave a Comment

× WhatsApp