Cara Konsumsi Susu Kambing Segar

Cara Konsumsi Susu Kambing Segar – Dikenal sebagai superfood karena nutrisinya yang melimpah. Saat ini orang berbondong-bondong mengonsumsi susu kambing segar untuk membuktikan kebenarannya. Kapan lagi memenuhi kebutuhan nutrisi yang lengkap, hanya dengan mengonsumsi susu kambing.

Sebelum itu, Anda perlu memahami terlebih dahulu bagaimana cara konsumsi susu kambing yang baik dan benar. Jika Anda termasuk orang yang belum mengetahuinya, simak penjelasan detailnya berikut ini!

Cara Konsumsi Susu Kambing Segar

Tahapan Mengelola Susu Kambing Sampai Siap Dikonsumsi

Hewan kambing menjadi salah satu komoditas utama dari hasil peternakan. Hal ini dikarenakan hewan kambing memiliki manfaat ganda, dari konsumsi daging juga susu perahnya. Susu kambing menjadi salah satu minuman yang kaya nutrisi untuk kebutuhan tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan gizi susu kambing terdapat mineral, fosfor, sodium, kalsium, flourin dan zat lainnya. Sayangnya, fakta pengetahuan ini jarang diketahui oleh masyarakat. Melalui artikel ini, Anda dapat mengetahui cara pengolahan yang tepat agar tidak terkontaminasi, berikut tahap pengolahannya:

  1. Jika belum sempat memproses, susu kambing segar dapat langsung dikemas. Kemudian, dibekukan agar terjaga 100% nutrisinya.
  2. Pengolahan dengan cara pasteurisasi atau memanaskan susu kambing.
  3. Menghangatkannya selama 10 menit dengan suhu 70℃.
  4. Jangan dipanaskan sampai mendidih.
  5. Aduklah susu kambing secara perlahan, memutar searah jarum jam.
  6. Setelah 10 menit, matikan kompor dan diamkan susu kambing sampai berkerak  bagian atasnya.
  7. Pada kondisi hangat, tambahkan ½ sendok teh baking soda untuk menambah jangka keamanan mengonsumsi susu kambing dan menjaga nutrisinya.
  8. Setelah dingin, masukkan susu kambing ke dalam botol plastik. Hindari penggunaan botol kaca karena menyebabkan kandungan vitamin A dan asam amino menjadi pecah.
  9. Cara konsumsi susu kambing segar terbaik, tutup rapat botol susu. Hindari buka tutup botol susu kambing segar jika tidak ingin meminumnya. Hal ini berpengaruh pada masa keawetan susu kambing agar bisa dikonsumsi.
  10. Simpan susu kambing segar dalam lemari es
  11. Hangatkan kembali jika Anda ingin meminumnya.

Cara Konsumsi Susu Kambing Segar untuk Mendapatkan Manfaatnya

Susu kambing relatif aman untuk dikonsumsi siapa saja. Termasuk balita yang telah menginjak umur 6 bulan ke atas sampai lansia. Memberikan susu kambing bagi anak, cocok sebagai MPASI tambahan yang membantu membentuk kekebalan tubuh anak agar lebih sempurna.

Selain mengetahui cara pengolahan susu kambing yang tepat. Dalam artikel ini Anda juga diajak untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi susu kambing. Berikut penjelasannya:

  • Jangan Dikonsumsi Selagi Mentah

Banyak perbedaan pendapat terkait lebih baik mana mengonsumsi susu kambing mentah atau matang. Sebenarnya, jika kambing dalam kondisi sehat. Maka, sah-sah saja untuk mengonsumsi susu kambing tanpa melalui proses pasteurisasi. Akan tetapi, sangat sulit untuk mengetahui kambing sedang dalam kondisi sehat atau sakit.

Kecuali melalui pemeriksaan terlebih dahulu. Oleh karena itu, Anda lebih baik mengonsumsi susu kambing melalui proses pemanasan terlebih dahulu. Memanaskan susu kambing selama 10 menit dengan suhu 70℃, dipercaya mampu membunuh parasit penyebab gangguan pencernaan.

  • Konsumsi dengan Takaran Cukup

Segala jenis susu hewani mengandung kandungan kalori dan lemak, sehingga Anda harus bijak dalam mengonsumsinya. Cara konsumsi susu kambing segar menyehatkan tidak terlalu sedikit agar kebutuhan nutrisi setiap hari dapat terpenuhi. Namun, juga tidak terlalu banyak agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Takaran porsi yang direkomendasikan bagi anak-anak mulai usia 11 tahun sampai lansia.

Perlu mengonsumsi susu kambing sekitar 200ml perhari. Pasalnya, semakin bertambah umur dan jenis aktivitas yang dilakukan, maka bertambah pula energi dan nutrisi yang diperlukan. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi susu kambing sekitar 200ml perhari mampu memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Anda dapat mengonsumsi 100ml susu kambing saat sarapan dan 100ml pada malam hari, menjelang tidur. Ternyata, meminum susu kambing pada malam hari dapat menjadikan tidur yang lebih berkualitas. Sehingga, pada keesokan harinya pun Anda merasa lebih bugar dan siap beraktivitas dengan semangat.

  • Hindari Mengonsumsi Lemak Secara Bersamaan

Hendaknya menghindari mengonsumsi beragam jenis susu dengan makanan berlemak secara bersamaan. Jika tindakan tersebut dilakukan, justru berbahaya bagi kesehatan tubuh. Karena mengakibatkan kadar lemak dalam tubuh tidak dapat dikontrol secara maksimal.

Potensi terburuknya mengakibatkan tingginya kadar kolestrol dalam tubuh. Contoh makanan berlemak tinggi sejenis junk food seperti pizza, burger, daging olahan dan gorengan.

  • Menyediakan Camilan sebagai Pendamping

Menambahkan camilan sebagai pengiring saat meminum susu kambing tidak menghilangkan nutrisi yang akan didapat oleh tubuh. Hal ini juga bisa menjadi cara untuk membatasi konsumsi susu kambing agar tidak berlebihan.

Dengan memanfaatkan cara mengonsumsi susu kambing segar higienis dapat mengganti komposisi santan atau susu sapi dalam sebuah adonan. Hal ini dapat meningkatkan kualitas rasa dan kelezatannya, sehingga camilan Anda menjadi kaya nutrisi.

Seperti jenis camilan kolak, teh tarik, puding susu, opor ayam dan soto betawi. Cobalah untuk menambahkan susu kambing pada olahan tersebut. Tidak perlu khawatir karena rasanya tidak akan jauh berubah. Justru Anda akan mendapatkan manfaat yang jauh lebih banyak dari hidangan tersebut.

  • Minum Di Waktu yang Pas

Pertama, Anda dapat mengonsumsi susu kambing saat lambung dalam keadaan kosong. Artinya, diminum sebelum Anda sarapan sebagai asupan pertama. Sehingga lambung dapat bekerja secara optimal dan menghasilkan pasokan energi dan menjaga daya tahan tubuh saat beraktivitas

Konsumsi susu kambing di pagi hari bagi balita, sangat baik untuk membantu proses tumbuh kembang anak. Kedua, meminum susu kambing sebelum tidur dapat membantu penyerapan kalsium bekerja dengan maksimal. Hal ini terjadi karena aktivitas tubuh pada malam hari lebih terbatas.

Setelah mengetahui pengolahan dan cara konsumsi susu kambing segar dengan tepat. Anda dapat lebih memperhatikan proses pengolahannya sehingga kandungan nutrisi dan gizi dapat diserap oleh tubuh. Melalui cara konsumsi yang tepat, Anda telah berusaha untuk menjaga kesehatan tubuh.

Konsumsi susu kambing segar sebagai nutrisi tambahan. Konsumsi dengan takaran seimbang agar tidak membahayakan tubuh. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jaminan kesehatan tulang terjaga. Meningkatnya imunitas tubuh, kesehatan sistem pencernaan, lancarnya sistem pernafasan, terjaga dari risiko terkena alergi dan menyehatkan kulit.

Menjaga kesehatan adalah hal yang mudah. Cukup jalani pola hidup yang sehat, makan yang bernutrisi, olahraga secukupnya dan tunjang pemenuhan nutrisi dengan mengonsumsi susu. Tidak perlu bingung jenis susu apa yang berkhasiat bagi tubuh. Karena susu kambing segar memiliki semua hal yang Anda butuhkan dalam kesehatan.

Mulai saat ini, jadilah orang adil dan bijak dengan mengenali kebutuhan diri. Jangan hanya Anda sendiri yang sehat. Ajaklah keluarga terdekatmu untuk hidup sehat bersama dengan mengonsumsi susu kambing segar. Cukup konsumsi susu kambing secara rutin, maka anda beserta keluarga akan merasakan perbedaannya. Segera beli, jangan sampai kehabisan! Jadilah pelopor kesehatan keluarga.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AV Organic (@avorganic)

Leave a Comment

× WhatsApp