Butter Ghee Untuk Anak

Butter Ghee Untuk Anak – Ghee adalah pengganti mentega dengan kandungan yang lebih baik untuk dikonsumsi. Itulah mengapa jenis ini banyak dipakai untuk memberikan nutrisi cukup bagi anak maupun campuran MPASI bayi. Ghee juga aman untuk anak yang alergi terhadap susu sapi jadi bisa memenuhi kebutuhan lemak sehatnya.

Butter Ghee Untuk Anak

Cara Membuat Butter Ghee untuk Anak

  • Bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat ghee ini tidak membutuhkan banyak bahan. Anda hanya perlu menyiapkan mentega tawar sesuai kebutuhan. Namun ada juga yang menambahkannya dengan madu, garam ataupun daun salam agar lebih gurih dan enak. Hanya saja untuk anak lebih disarankan menggunakan mentega murni saja.

Kemudian jangan lupa menyiapkan alat yang mendukung, gunakan panci anti lengket, kompor, pengaduk dan wadah. Untuk panci dan pengaduknya lebih baik menggunakan dari bahan stainless. Sementara untuk wadah penyimpanannya bisa menggunakan wadah gelas bening dengan penutup. Stainlees merupakan bahan yang tidak mudah tercampur dengan bahan berbahaya. Sementara bahan kaca juga aman terhadap penyimpanan bahan panas.

Untuk membuat butter ghee untuk anak terbaik disarankan tidak membuat terlalu banyak. Buatlah seperlunya saja untuk membuatnya selalu fresh saat digunakan. meskipun ghee memang selalu awet tanpa pengawet dan tidak memerlukan penyimpanan yang sulit. Sesuaikan saja dengan wadah bening gelas yang ada untuk menyimpannya.

  • Langkah pembuatannya

Setelah semua bahan dan alatnya sudah lengkap Anda bisa mulai untuk mengolah ghee ini. Siapkan panci dan nyalakan kompor dengan ukuran yang kecil. Kemudian masukkan mentega tawar yang sudah diiris tipis-tipis. Menteganya harus diiris agar tidak gosong jika dibiarkan bentuk kubus. Hal ini juga bertujuan untuk mempercepat proses lelehnya.

Gunakan pengaduk untuk meratakan proses leleh dari mentega tersebut. Jika tidak memiliki pengaduk tidak masalah, Anda bisa menggoyangkan panci secara perlahan. Mentega yang sudah mulai meleleh akan mudah bergeser. Perhatikan selalu ukuran panas kompor jangan sampai terlalu panas.

Ketika mentega sudah mendidih dan muncul buih di permukaannya, ambillah dan sisihkan dalam wadah. Buih ini akan terus muncul sampai kandungan air di dalamnya benar-benar habis. Jadi proses memasak butter ghee untuk anak termudah ini memang tidak boleh ditinggal. Menteganya mudah leleh dan gosong jadi Anda perlu fokus untuk membuat ghee sampai jadi.

Setelah semua buihnya sudah habis, kira-kira sekitar 10 menitan semenjak proses masaknya mentega, Anda bisa mematikan kompornya. Tunggullah sampai mentega mulai sedikit tenang dari proses didihnya. Kemudian baru bisa dipindah ke wadah gelas yang ada tutupnya. Pastikan wadah kaca tersebut aman dari bakteri dan udara masuk untuk menghindari perkembangan jamur di dalamnya.

Perlu diketahui bahwa ghee ini adalah bahan yang mudah dalam penyimpanannya. Asalkan selalu dalam keadaan yang rapat tidak perlu menambahkan pengawet di dalamnya. Bahkan tidak perlu dimasukkan juga ke dalam lemari pendingin sehingga tekstur menteganya tidak akan berubah. Anda hanya perlu menyimpannya dalam suhu ruang untuk mempertahankan kandungan dan teksturnya.

  • Tempat mendapatkan

Anda bisa mendapatkannya di AV Organic, sebuah usaha rintisan yang menawarkan berbagai produk organik. Produk yang dijual oleh AV Organic dijamin bebas GMO (Genetically Modified Food) dan pestisida.

Tidak hanya menjual butter ghee yang cocok untuk anak, namun juga berbagai produk organik lainnya seperti bakso, kacang mete, beras hitam, madu, minyak kelapa, dll. Hubungi +628537-8444-327 (08.00 – 17.00 WIB) email ke info@avorganic.id untuk pemesanannya.

Mengapa Ghee Bagus untuk Anak?

Ghee adalah makanan penting dengan kandungan lemak yang mudah dicerna oleh bayi. Beberapa riset juga menganjurkan pemberian ghee untuk campuran MPASI. Namun masih banyak orang kurang mengerti alasan pendukung penggunaannya. Adapun alasan ghee sangat bagus untuk makanan anak adalah sebagai berikut:

  • Nilai kandungan gizi dalam ghee

Hal pertama yang menjadi pendukung ghee untuk makanan anak adalah kandungan gizi yang ada di dalamnya. Anak dan bayi lebih sering mendapatkan gangguan pencernaan apalagi jika makanan yang dikonsumsinya tidak mengandung gizi baik. Dalam ghee memiliki beberapa vitamin yang bagus untuk imun dan pertumbuhan anak.

Vitamin tersebut di antaranya adalah K, A,D dan E. selain itu di dalamnya juga ada lemak baik yang mampu mendukung kinerja organ dalam anak. Lemak ini mampu mempercepat luruhnya kotoran dan penyebaran gizi dalam tubuh, Ghee terbuat dari turunan produk susu namun tetap aman untuk yang alergi susu. Hal ini dikarenakan dalam ghee unsur hewaninya sudah sedikit berkurang hampir tidak ada.

  • Pendukung perkembangan otak

Beberapa kandungan yang ada di dalamnya mampu mendukung pertumbuhan otak yang penting. Pada masa umur anak ini penting mengonsumsi makanan yang mendukung daya kecerdasan dan daya ingatnya. Ghee menyediakan kandungan ini dengan lengkap. Sehingga mereka bisa lebih cerdas dibandingkan anak seusianya dengan treatment ghee ini. Anda hanya perlu menambahkannya untuk pengolahan makanan agar terkonsumsi dengan baik.

Otak yang berkembang bagus menentukan segala pencapaian anak sejak dini. Mereka mudah mengatur waktu, mengerti mata pelajaran dan hal lain yang baik. Otak dan pencernaan saling mendukung untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mendapatkan apa yang mereka inginkan.

  • Stamina

Butter ghee untuk anak terpercaya juga memiliki peranan penting untuk membangun sistem imun dalam tubuh. Kandungan ghee mampu menangkal adanya radikal bebas yang menyerang tubuh anak. Apalagi perlu diketahui bahwa anak dan bayi adalah subjek yang paling rentan sakit. Stamina dan imun yang terjaga membuat mereka lebih sehat dan aktif untuk semua kegiatannya.

Anak yang sering lemas perlu diperhatikan kesehatannya untuk mengetahui penyebabnya. Perhatikan prilaku anak yang sering merasa capek dan mudah mengantuk biasanya ada yang tidak beres. Anda perlu memberinya vitamin dan suplemen untuk meningkatkan stamina anak salah satunya adalah menggunakan ghee.

  • Pencernaan sehat

Dalam ghee mengandung bahan aktif yang mampu melancarkan sistem pencernaan. Selain otak, pencernaan juga penting diperhatikan. Makanan yang tercerna dengan sempurna membuat anak bisa mendapatkan gizi seimbang. Ghee juga mampu membantu mengatasi sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Alternatif cocok untuk anak yang kurang suka makan makanan berserat.

Makanan yang asal-asalan dimakan biasanya menyebabkan masalah serius dalam pencernaan. Salah satunya adalah tumpukan sampah di usus besar karena kekurangan serat dan susah BAB. Perut membuncit menumpuk sampah yang lama-lama membuat mereka keracunan. Jadi harus benar-benar dijaga kesehatan pencernaannya.

  • Penambah berat badan

Ghee mampu meningkatkan nafsu makan baik untuk bayi maupun anak. Sehingga ghee juga digunakan untuk menambah berat badan yang terlalu kurus. Anda bisa menentukan sendiri takaran ghee sesuai dengan berat badan anak atau bayinya. Bahkan untuk anak yang sudah memiliki berat normal tetap boleh diberikan ghee asalkan takarannya dikurangi.

Tentunya ghee menjadi solusi paling manjur bagi para orang tua untuk mengatasi anak yang sulit makan. Anak yang sulit makan pertumbuhannya menjadi terganggu dan mudah sakit. Sementara jika anak doyan makanan sehat dan berat badannya seimbang maka bisa lebih sehat dan aktif.

Dengan adanya butter ghee untuk anak ini menjadi alternatif paling baik untuk orang tua memberikan kelengkapan gizi anak. Apalagi penggunaannya juga cukup mudah dan lezat untuk mengolah makanan. Merupakan suplemen yang aman dan tidak ada efek samping ketika digunakan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AV Organic (@avorganic)

Leave a Comment

× WhatsApp