AV Organic adalah usaha rintisan yang menyediakan berbagai macam kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk – produk organik terbaik.  Berawal dari  kesadaran dan keinginan untuk hidup lebih sehat, karena kelebihan produk organik dibandingkan produk non-organik, yaitu bebas pestisida dan bebas GMO (genetically modified food).

Good Food, Good Life.

Bakso Jamur Tiram

Bakso Jamur TiramBakso merupakan makanan yang sudah pasti diminati dan disukai oleh banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bakso seakan-akan menjadi salah satu makanan khas yang sudah pasti semua orang pernah mencobanya dan menyukainya. Bahkan sekarang sudah banyak sekali olahan bakso dengan berbagai inovasi yang menarik dan juga unik. Misalnya, bakso mercon, bakso beranak, bakso tenis dan segala jenis bakso lainnya.

Bakso Jamur Tiram

Apa Saja Manfaat Makan Bakso Bagi Tubuh?

Bakso sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari bakso untuk kesehatan tubuh Anda:

  • Pengangkut oksigen ke seluruh tubuh

Dalam bakso terdapat kandungan zat besi yang berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi ini membantu agar aliran oksigen di dalam tubuh bisa terdistribusikan dengan baik dan maksimal sehingga organ yang lain juga bisa bekerja dengan maksimal.

  • Mengatur suhu tubuh

Dengan mengonsumsi bakso juga bisa membantu dalam mengatur suhu tubuh Anda. Hal ini diperlukan agar suhu badan tetap bisa terkendali dengan baik. Selain itu juga bisa membantu meningkatkan fungsi dalam otot tubuh Anda.

  • Membantu pembentukan Hemoglobin

Hemoglobin merupakan sel darah merah dalam tubuh dan ternyata bakso memiliki kegunaan atau manfaat untuk pembentukan hemoglobin. Hal ini karena kandungan zat besi pada bakso mampu memberikan warna merah sehingga pembentukan sel darah merah itu sendiri bisa dengan cepat. Dengan begitu tubuh tidak akan kekurangan sel darah merah sehingga memperlancar sistem dalam tubuh lainnya agar bisa bekerja dengan baik. Apalagi tiram sebagai bahan utama memiliki kandungan zat besi yang termasuk tinggi.

  • Mencegah anemia

Jika tadi bakso bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah, hal ini juga berhubungan dengan anemia. Dengan banyaknya sel darah merah dalam tubuh maka Anda juga akan terhindar dari anemia atau kekurangan sel darah merah. Oleh karena itu jika Anda mengalami anemia, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi untuk membantu pembentukan sel darah merah pada tubuh.

Olahan Bakso Jamur Tiram Yang Lebih Menyehatkan Dibanding Bakso Daging

Jadi sekarang bakso merupakan olahan makanan yang memiliki banyak sekali khasiat. Bahkan sekarang bakso pun banyak memiliki inovasi yang menarik. Salah satunya adalah olahan bakso dengan bahan utama yang diganti. Bakso biasanya memang menggunakan daging sapi atau ayam sebagai bahan utamanya. Hanya saja sekarang daging tersebut sudah banyak diganti dengan bahan lain yang lebih murah dan mudah dicari. Salah satunya adalah dengan menggunakan jamur tiram sebagai bahan pengganti daging.

Jamur tiram ini rasa cocok untuk menggantikan daging sebagai bahan utama dalam pembuatan bakso. Hal ini karena jamur tiram memiliki rasa dan tekstur yang mirip dengan daging, yaitu gurih dan kenyal. Selain itu jamur tiram juga mudah dicari dan yang paling penting adalah harganya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan daging biasa. 

Bakso jamur tiram dirasa sangat menguntungkan dan banyak dicari sebagai salah satu makanan pengganti daging, khususnya untuk yang tidak menyukai daging atau vegetarian. Selain menjadi salah satu alternatif, bakso jamur tiram juga memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Karena manfaatnya yang baik, sekarang sudah banyak sekali usaha yang jual bakso jamur tiram. Berikut adalah beberapa manfaat bakso jamur tiram yang bisa Anda dapatkan. 

Khasiat Utama Bakso Jamur Tiram Untuk Kesehatan

  • Membantu menurunkan kadar kolesterol

Jamur tiram dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, hal ini didasarkan dari penelitian Journal of Physiology and Biokimia di tahun 2013. Penelitian tersebut dilakukan selama 7 hari pada tikus yang diberi ekstrak jamur tiram. Hasilnya kadar antioksidan dalam tubuh tikus tersebut meningkat dan kadar kolesterol menurun. Bahkan penelitian lainnya membuktikan bahwa suplemen jamur tiram dapat membantu mengurangi kadar kolesterol hingga 37%. Dengan menurunnya kadar kolesterol dalam tubuh juga membantu mengurangi risiko stroke dan jantung.

  • Berkurangnya tekanan darah tinggi

Kandungan vitamin D pada jamur tiram memiliki peran dalam menjaga kesehatan tulang. Sedangkan kekurangan vitamin D sering dikaitkan dengan penyakit darah tinggi dan jantung. Oleh karena itu jamur tiram dipercaya untuk mengurangi tekanan darah tinggi dengan kandungan vitamin D-nya.

  • Sebagai antioksidan

Manfaat makan bakso jamur tiram selanjutnya adalah sebagai antioksidan dalam tubuh. Kandungan 13 miligram ergothioneine dalam 85 gram jamur tiram memiliki peran sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh akibat paparan radikal bebas. Paparan radikal bebas ini akan menyebabkan kerusakan pada kulit tubuh. Manfaat antioksidan sendiri untuk melindungi diri dari radikal bebas yang bisa menjadi penyebab berbagai macam penyakit seperti jantung, kanker, penuaan dini, masalah mata, kulit dan gangguan neurologis.

Cara Membuat Bakso Dari Jamur Tiram Yang Enak

Manfaat jamur tiram tersebut dimanfaatkan sebagai bahan utama pengganti daging yang biasa digunakan. Oleh karena itu sekarang sudah banyak sekali kedai atau tempat yang menjual bakso jamur tiram di Jakarta. Bakso jamur tiram ini juga bisa menjadi salah satu ide usaha yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Resep pembuatannya juga sangat mudah, bahkan sama dengan membuat bakso pada umumnya hanya saja bahan daging yang biasa digunakan diganti dengan bahan jamur tiram.

Resep bakso jamur tiram yang mudah dibuat:

  1. Persiapkan bahan-bahan yang ingin digunakan sebagai bakso, seperti jamur tiram dan bumbu halus lainnya.
  2. Jamur tiram yang sudah dibersihkan direndam di dalam air panas kurang lebih selama 15 menit dan tiriskan.
  3. Haluskan bawang putih beserta jamur menggunakan blender. Jika Anda ingin tekstur jamur tetap terasa, Anda bisa menguleknya saja agar tidak terlalu halus. 
  4. Siapkan wadah yang berisi tepung sagu kemudian campurkan adonan bawang putih dan jamur yang sebelumnya sudah dihaluskan. Jangan lupa untuk menambahkan putih telur.
  5. Ambil adonan sedikit dan bentuk menjadi bulat sesuai dengan yang Anda inginkan.
  6. Rebus bakso yang sudah dibentuk di dalam panci berisi air. Usahakan air yang digunakan cukup untuk merendam semua bakso.
  7. Saat direbus Anda bisa menambahkan bumbu penyedap seperti kaldu bubuk dan merica sebagai perasa agar gurih.
  8. Masak bakso sampai matang dan kemudian siap untuk disajikan.

Itulah tadi beberapa cara membuat bakso dari bahan utama jamur tiram yang mudah dan enak. Kalau Anda tidak sempat membuat bakso ini sendiri, maka tidak perlu khawatir karena Anda bisa beli langsung di toko makanan organik AV Organic.

Kami adalah toko organik yang menjual berbagai macam makanan dan bahan makanan organik tanpa bahan kimia berbahaya dan dijamin HALAL. Salah satu produk terlaris kami yaitu bakso jamur tiram ini yang lebih menyehatkan dibanding bakso daging biasa. Cocok untuk vegetarian maupun non vegetarian. Harganya sangat terjangkau, yuk langsung saja diorder ya!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *