9 Manfaat Selai Kacang Mete Untuk Kesehatan

Selai Kacang MeteSiapa yang tidak menyukai kacang? Kacang termasuk dalam jenis biji-bijian yang memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh. Kacang mete sendiri adalah kacang dari biji buah jambu mete atau buah jambu monyet. Kacang mete ini letaknya ada di bagian bawah dari jambu monyet dengan bentuk melengkung dan runcing. Ketika sudah matang, biji mete tersebut dipisahkan dan kemudian dikeringkan agar selanjutnya bisa diolah menjadi makanan yang lain.

Selai Kacang Mete

Salah satu olahan kacang mete yang digemari adalah selai kacang mete. Meskipun sudah dijadikan olahan makanan kacang mete tetap memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat selai kacang mete untuk tubuh Anda.

Inilah Manfaat Selai Kacang Mete Untuk Kesehatan

  • Mencegah anemia

Kacang mete mengandung tembaga dan zat besi yang bermanfaat agar kerja tubuh dalam memproduksi hemoglobin/ sel darah merah semakin optimal. Hal ini dikarenakan anemia merupakan salah satu jenis penyakit dimana Anda merasa lemas dan pusing karena kandungan sel darah merah dalam tubuh menurun. Selain untuk mencegah anemia, kandungan zat besi dan tembaga juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh, kekuatan tulang dan menjaga agar pembuluh darah tetap baik.

  • Mengurangi risiko terkena jantung

Penyakit jantung dan stroke dapat timbul karena adanya kadar kolesterol jahat yang tinggi. dengan mengonsumsi kacang mete, kadar kolesterol jahat bisa turun. Semua itu karena kandungan kalium, serat, vitamin B6, vitamin E serta folat yang terkandung dalam kacang mete. Oleh karena itu kacang mete sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang punya penyakit jantung atau riwayat penyakit jantung. Anda juga tetap bisa menemukan manfaat kacang mete ini meskipun dalam bentuk selai kacang mete.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kasiat selai kacang mete yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium yang cukup banyak yakni sebesar 45 Mg kalsium dalam setiap 100 gram kacang mete dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Oleh karena itu, kacang mete ini sangat bagus untuk dikonsumsi orang tua yang guna mencegah penyakit tulang dan anak-anak guna mendukung masa pertumbuhan dan perkembangan tulangnya.

  • Mencegah terjadinya batu empedu

Dalam sebuah studi mengatakan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kacang-kacangan dalam hal ini juga kacang mete secara rutin, memiliki risiko yang lebih rendah dengan penyakit batu empedu. Hal ini karena dalam kacang mete terkandung lemak baik dan juga serat yang dapat membantu menurunkan atau menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga kemungkinan untuk terkena batu empedu akan semakin berkurang.

  • Memelihara kesehatan mata

Antioksidan yang terkandung dalam kacang mete seperti zeaxanthin dan lutein mampu membantu melindungi mata dari kerusakan hingga mencegah kebutaan. Selain itu, konsumsi kacang mete juga bisa membantu menurunkan risiko dari penyakit katarak, dimana katarak ini menjadi salah satu penyakit mata yang sering dialami oleh orang lanjut usia.

  • Sumber energi baik

Kacang-kacangan dan juga kacang mete mengandung banyak lemak baik dan juga kalori. Kacang mete mengandung 12 gram lemak dan sekitar 150 kalori pada setiap 30 gramnya. Kedua nutrisi ini merupakan sumber energi yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, dalam kacang mete juga terkandung protein, vitamin B6, vitamin E dan zat besi yang bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah lelah.

  • Menjaga berat badan

Untuk Anda yang ingin melakukan diet, mengonsumsi selai kacang mete bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara untuk diet. Kacang mete mengandung serat dan protein yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dengan begitu Anda tidak akan cepat merasa lapar dan berat badan akan lebih cepat turun dengan kacang mete ini. Akan tetapi karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi, kacang mete tidak cocok digunakan untuk makanan utama. Selai kacang mete bisa Anda konsumsi sebagai salah satu makanan ringan, misalnya sebagai olesan untuk roti atau sebagai campuran bahan makanan yang lain.

  • Membantu meningkatkan kecerdasan

Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat selai kacang mete juga berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini karena dalam kacang mete terdapat kandungan lemak tak jenuh ganda dan tunggal yang kedua hal tersebut dibutuhkan untuk memproduksi sel-sel otak. Kacang mete juga membantu memperlancar aliran oksigen ke otak menjadi lebih lancar.

  • Membuat rambut lebih berkilau

Kacang mete ternyata juga memiliki kandungan yang baik dalam hal kecantikan, yaitu berguna membuat rambut lebih berkilau. Kandungan yang menyebabkan hal tersebut adalah asam oleat dan linoleate. Kandungan tersebut membantu rambut memiliki tekstur yang berkilau dan halus. Disisi lain juga ada kandungan zat tembaga yang membantu terbentuknya pigmen kulit dan rambut yaitu melanin.

Selai kacang mete memang memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh, menjadikan makanan ini dijadikan sumber makanan dan energi yang baik untuk kesehatan tubuh. Anda juga bisa dengan mudah menemukan tempat yang jual selai kacang mete. Akan tetapi tidak semua orang bisa dengan mudah mengonsumsi selai kacang mete. Ada beberapa orang yang alergi dengan kandungan yang ada dalam kacang mete. Oleh karena itu Anda juga perlu mengetahui apakah Anda ada alergi terhadap kacang mete atau tidak.

Cara mudah membuat resep selai dari kacang mete

Selai kacang mete sendiri cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Berikut adalah cara membuat selai kacang mete untuk Anda yang ingin membuat selai kacang mete yang lebih sehat dan higienis.

Bahan-bahan:

  • 500 ml cangkir kacang mete
  • ½ sendok teh gula
  • 1 ½ sendok madu atau gula
  • Sedikit garam

Cara membuat:

  1. Bersihkan kacang mete hingga bersih dan keringkan.
  2. Selanjutnya Anda bisa memanggangnya jika memang diinginkan. Ini merupakan pilihan karena sebagian orang tidak menyukai kacang mete yang dipanggang.
  3. Haluskan kacang mete dengan food processor atau dengan blender sampai halus.
  4. Jika sudah halus Anda bisa menambahkan garam atau gula. Jika dirasa kurang manis Anda bisa menambahkan gula tambahan atau madu.
  5. Selanjutnya selai kacang mete bisa digunakan sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk menyimpannya diwadah yang kedap udara.

Itulah cara mudah membuat sendiri resep selai dari kacang mete. Namun tidak semua orang ada waktu untuk membuatnya. Ditambah lagi tidak ada jaminan rasanya akan enak jika dibuat sendiri. Bagi Anda yang tertarik mencicipi selai yang terbuat dari bahan alami kacang mete ini tanpa perlu repot, maka bisa menghubungi AV Organic. Kami adalah toko organik yang menawarkan berbagai macam produk halal makanan vegetarian dari bahan alami dan bebas kimia berbahaya termasuk selai kacang mete. Kami menawarkan pembelian online dan pesan antar untuk memudahkan pengiriman.

 

 

Leave a Comment

× WhatsApp